MAU TETAP FIT SELAMA PUASA ? IKUTI CARA INI

Written by on 8 May 2019

MTBFM.CO.ID – Say goodbye untuk badan lemas saat menjalankan puasa. Banyak cara yang bisa dilakukan saat puasa agar tubuh tidak lemas dan puasa tetap on fire sampai akhir nih.

Kurang lebih selama 12 jam berpuasa, banyak dampak positif bagi kesehatan yang didapat. Tapi ada permasalahan yang sering terjadi saat menjalankan ibadah puasa seperti tubuh lemas, gangguan pencernaan, naiknya berat badan, sampai menurun nya imunitas tubuh kerap sering terjadi bagi mereka yang menjalankan puasa.

Pada saat berpuasa, tubuh akan memasuki fase starving. Tubuh menurunkan kemampuannya, termasuk menurunkan basal metabolic-nya. Ini adalah salah satu cara tubuh mengefisensikan energinya, sehingga tidak jarang tubuh menjadi lemas.

“Jadi sangat penting untuk memilih pola makan yang tepat agar tubuh mendapat energy yang cukup sepanjang hari”, tutur dr.Diana F. Suganda,Mkes,Sp.GK

Mengutip Cosmopolitan, ada beberapa cara agar tubuh tidak lemas saat menjalankan ibadah puasa, yaitu :

  1. Memilih menu yang tepat dan penuh nutrisi

Kunci dari lancarnya aktivitas berpuasa selama sebulan penuh adalah memilih makanan yang tepat dan penuh nutrisi. Adanya perbedaan jam makan selama puasa bukan berarti harus memangkas kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan kata lain, tetap menyeimbangkan gizi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, serat dan lemak baik selama puasa.

  1. Melakukan Olahraga

Saat minggu kedua puasa umumnya kondisi tubuh sudah berada di fase terbaiknya. Artinya tidak ada halangan untuk kembali ke kelas yoga, pilates atau pound fit favorit anda. Ragu melakukan exercise berat saat puasa? Dr.Diana F. Suganda, Mkes, Sp,GK memberikan trik “Anda tetap bisa menjalani olahraga tanpa harus terganggu, lebih baik melakukan aktivitas sesaat sebelum berbuka puasa atau setelahnya. Dua waktu ini bisa membuat terhindar dari rasa haus dan lapar.” tuturnya.

( COS / WUL )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background