SELAMA PUASA, PERHATIKAN ASUPAN NUTRISI ANDA

Written by on 15 May 2019

MTBFM.CO.ID – Selama menjalankan puasa, kita sering dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang saat sahur maupun berbuka. Kementrian Kesehatan menganjurkan untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh selama tubuh sedang berpuasa.

“Saat berpuasa tetap pola gizi seimbang ya, pada prinsipnya sama dengan berpuasa atau tidak. Setiap hari harus ada karbohidrat, protein, lemak dan mikronutrien dari sayur dan buah,” kata Eni Gustina, Direktur Bina Keluarga Kementrian Kesehatan yang dikutip dari CNNIndonesia.

Saat sahur Eni menyarankan untuk makan dengan porsi seperti makan siang saat hari biasa. Gizi seimbang itu dalam satu piring terdapat sepertiga karbohidrat, sepertiga sayuran dan sepertiganya lagi merupakan gabungan antara protein dan buah-buahan.

“Sahur itu makan dengan porsi seperti makan siang karena itu modal energi untuk berpuasa hingga 12 jam ke depan,” tutur Eni yang merupakan dokter dan magister kesehatan masyarakat.

Saat berbuka puasa, Eni menganjurkan untuk berbuka dengan yang manis dan tak langsung makan besar. Makanan yang manis diperlukan untuk mengisi perut yang kosong dan membuat lambung tidak kaget.

“Jangan langsung digenjot makan besar. Makan manis dulu karena kita kan dalam waktu lebih dari 12 jam tidak punya gula, bisa dengan mengonsumsi buah, salad atau kurma sesuai anjuran agama Islam,” ucap Eni.

Menurut Eni, kurma mengandung karbohidrat dan energi yang baik untuk memulihkan kekuatan tubuh. Makan berat dapat dikonsumsi beberapa waktu setelah berbuka atau di malam hari sepulang dari salat tarawih. Selain makanan, Eni juga meminta masyarakat untuk memerhatikan asupan cairan. Konsumsi cairan sesuai anjuran Kemenkes adalah 2 liter per hari. Saat bulan puasa, konsumsi air ini dapat dibagi saat sahur, berbuka dan di malam hari.

Agar kadar air dalam tubuh tetap terjaga, Eni menyarankan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi gula, garam, dan kafein yang bersifat menarik air dan mempercepat pembentukan urin.

“Bukan pantangan, tapi dikurangi gula dan yang asin-asin saat sahur,” ujar Eni.

( CNN/WUL )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background