KENCUR MENTAH TERNYATA BANYAK MANFAATNYA

Pernah ga si Mitra MTB nyobain makan kencur mentah? iyaa kencur yang biasanya digunakan untuk memasak atau minuman jamu seperti beras kencur. Mungkin kalau digunakan untuk campuran dan makanan sudah biasa ya, tapi bagaiaman kalau kencur dimakan mentah?

Penyanyi Yura Yunita membagikan video pengalaman makan kencur mentah sebelum manggung di social media Instagramnya.

“enak banget, ini adalah cikur alias kencur adalah makanan wajib aku sebelum aku nyanyi” kata Yura.

Setelah makan kencur, Yura mengakui tenggorokan rasanya lebih lega dan saat ambil nafas rongga tenggorokan jadi lebih besar.

Tumbuhan dengan nama latin Kaempferia galaga ini sudah sejak dahulu digunakan sebagai obat tradisional, karena kandungan di dalamnya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Beberapa manfaat kencur, di antaranya:

  1. Menghilangkan Bakteri Penyebab Penyakit

Ekstrak kencur mengandung minyak esensial yang bersifat antibakteri. Ini bermanfaat untuk membasmi bakteri di kulit, gigi dan gusi serta saluran pernapasan.

  1. Meredakan Nyeri dan Radang

Kendur mengandung zat yang bersifat antinyeri dan juga anti radang. Saat tubuh mengalami peradangan atau nyeri, Mitra MTB bisa menggunakan kencur untuk meringankan peradangan. Kencur juga sering dimafaatkan untuk meredakan nyeri akibat sakit kepala, sakit gigi hingga radang sendi.

  1. Antidiabetes

Kandungan flavonoid didalam kencur merupakan agen imunomodulatif yang dapat meningkatkan system pertahanan tubuh dan merupakan antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan sel pankreas sebagai sel penghasil insulin. Dengan diperbaikinya sel pancreas maka akan terjadi penurunan kadar glukosa darah menurunkan kadar glukosa darah, mengontrol berat badan serta memperbaiki fungsi pankreas.

  1. Mencegah Kanker

Kencur juga bisa mencegah kanker, karena kencur mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Kencur bersifat antioksidan yang bisa membantu mengurangi resiko dan menghambat perkembangan sel kanker di tubuh.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Kencur sudah sejak lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau Hipertensi. Kandungan dalam kencur yang berupa kalium, antioksidan dan senyawa yang bersifat diuretic yang mampu menurunkan tekanan darah dan menjaga kondisi yang stabil. Sedangkan kandungan nutrisi per 100 gram pada kencur, dikutip dari detik.com:

 

  • 205 g kalori
  • 0,4 g total lemak
  • 0 mg kolesterol
  • 1,6 mg natrium
  • 55 mg kalium
  • 45 g total karbohidrat
  • 0,6 g serat makanan
  • 0,1 g gula
  • 4,3 g protein
  • 1,2% DV (Daily Values/Angka kecukupan gizi) kalsium
  • 1,8% DV besi

(wulan)

What's your reaction?
14cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.