TAMBAH BOROS SAAT RAMADHAN? WASPADAI NIH FAKTORNYA

Written by on 6 May 2019

MTBFM.CO.ID –  Kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Mungkin yang terbayang kita bisa berhemat karena menjalankan puasa seharian. Namun bila tak hati-hati, kita justru bisa lebih boros di bulan Ramadhan.

Eko Endarto, Perencana Keuangan Financia Consulting menjelaskan, kita bisa lebih konsumtif di bulan puasa karena sejumlah faktor. Faktor pertama adalah menu bukaan yang harus terkesan ‘wah’.

“Karena mereka merasa pengeluaran yang ditahan di siang hari harus dikeluarkan ketika mereka berbuka sore hari, sehingga sore hari itu bukan sebagai ajang untuk berbuka tapi seperti ajang balas dendam gitu, menahan siang hari harus dipuaskan di sore hari,” katanya.

Hal di atas, lanjut dia disebabkan dua hal. Yang pertama adalah kita cenderung membeli makanan saat berbuka dalam jumlah lebih besar. Misalnya biasanya hanya makan pokok saja, kali ini harus ada tambahan-tambahan menu lainnya.

“Kedua, kualitasnya pun naik, yang biasanya biasa-biasa saja harus naik ke tingkat lebih tinggi. Misalnya biasanya makan ayam, ayamnya biasa sekarang harus dipanggang atau apapun lah harus lebih spesial lah,” paparnya.

Belum lagi banyaknya ajakan buka bersama (bukber) selama Ramadhan, mulai dari rekan semasa SD hingga kuliah. Itu tentu saja bakal membuat kita lebih boros.

Kedua, lanjut dia harga-harga makanan biasanya naik di saat bulan puasa karena faktor tertentu, misalnya restoran ingin kejar target buat memberi THR ke pegawainya. Jadi jika bukber di luar bakal membuat pengeluaran melonjak.

“Mereka (jasa kuliner) menargetkan (pendapatan) targetnya lebih dua kali lipat misalnya. Nah mau nggak mau kan harga dinaikkan,” jelasnya.

Terakhir adalah bertebarannya diskon, baik di mal maupun di toko-toko online. Itu bisa medorong kita menjadi lebih konsumtif.  So, hati-hati ya dengan factor pemborosan ini. ( DTK / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background