SEMANGGI SUROBOYO, KULINER KHAS MENYEHATKAN

Written by on 19 May 2019

MTBFM.CO.ID – “Semanggi Suroboyo, lontong balap wonokromo, di makan enak sekali, sayur semanggi krupuk puli bung beli..” inilah sebagain lirik lagu yang berjudul Semanggi Suroboyo. Lagu ini menggambarkan betapa enaknya makanan khas Surabaya yang satu ini.

Semanggi adalah sebuah jenis tanaman yang daunnya biasa digunakan sebagai sayuran pelengkap makanan yang melegenda ini. Kenapa saya bilang legenda, ya, karena makanan yang menjadi kebanggaan kota Surabaya ini sudah jarang kita jumpai di Surabaya dan bisa dibilang langka.

Makanan ini mirip seperti pecel, hanya saja sayur yang digunakan adalah daun semanggi, disajikan dengan taoge rebus, disiram bumbu pecel diatasnya dan diberi krupuk puli. Dijamin rasanya lezat dan membuat lidah bergoyang saat menyantapnya.

Nah, kalau anda kebetulan menemukan Semanggi, jangan lupa untuk mencicipinya ya. Bahkan jika bisa, jadikan sebagai menu rutin. Kenapa ya? Ternyata semanggi ini menyimpan seribu khasiat untuk kesehatan. Supaya amda tidak salah dalam memahami khasiat dari daun semanggi, di bawah ini adalah beberapa contoh manfaat daun semanggi untuk kesehatan:

  1. Mengatasi Terlambat Datang Bulan

Khasiat pertama dari daun semanggi adalah bisa mengatasi haid yang tidak lancar. Senyawa yang ada pada daun semanggi ini akan menyeimbangkan hormone sekaligus meredakan stress yang sering dirasakan ketika haid tidak lancar.

  1. Anti Hipertensi

Bagi anda yang tidak ingin memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi maka sebaiknya konsumsilah daun semanggi secara teratur.

  1. Meredam Demam

Daun semanggi juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan panas saat terkena demam. Alasannya adalah di dalam daun semanggi terkandung senyawa yang memiliki kemampuan untuk menetralkan suhu tubuh sehingga panas bisa dengan mudah diredakan.

  1. Anti Diare

Daun semanggi juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan pencernaan, misalnya saja seperti diare. Senyawa daun semanggi akan membunuh semua kuman penyebab penyakit diare. Selain itu, rutin mengkonsumsi daun semanggi juga akan membuat sistem pencernaan semakin sehat dan lancar.

  1. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tengorokan ini mudah sekali menyerang siapa saja yang stamina dan daya tahan tubuhnya menurun. Dan keluhan seperti ini bisa dengan mudah kamu atasi dengan daun semanggi.

Di atas baru khasiat yang ada pada daun semanggi saja. Belum lagi khasiat yang ada pada touge. Padahal di dalam makanan khas Surabaya yang satu ini juga menggunakan touge. Oleh sebab itu pastinya akan lebih banyak lagi khasiat makanan Semanggi untuk kesehatan, kan?

Bagi anda yang penasaran dengan kelezatan dari Semanggi, saat ke Surabaya datang saja ke Taman Prestasi, Taman Bungkul, serta beberapa kampung lama di Surabaya. Sebab di sanalah yang biasanya masih banyak yang menjajakan Semanggi.

( BERBAGAI SUMBER/M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background