PERTAMA DI DUNIA, WHO LUNCURKAN VAKSIN MALARIA

Written by on 9 May 2019

MTBFM.CO.ID – Badan Kesehatan Sedunia (WHO) meluncurkan vaksin malaria pertama di dunia. Program vaksinasi global telah berhasil memberantas penyakit cacar, dan kini berupaya mengakhiri polio, penyakit yang membuat 350 orang setiap tahun lumpuh. Berkat program imunisasi global, jumlah saat ini hanya mencapai 20 orang.

Pakistan dan Afganistan adalah dua negara di mana virus polio masih ada. Bahkan saat ini para ilmuwan juga sedang menguji untuk vaksin dan sedang bekerja keras membuat vaksin untuk melawan kanker.

“Vaksin adalah salah satu penemuan terbesar umat” ujar Dr. Peter Hotez, seorang professor di Baylor College of Medicine.

Beberapa penyakit lain seperti cacar, polio dan campak hanya dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain. Walter Orenstein di Emory Vaccine Center mengatakan itulah sebabnya ketiga penyakit ini sedianya dapat benar-benar diberantas.

Dr. Pedro Alonso di Badan Kesehatan Sedunia WHO mengatakan Malawi, Ghana dan Kenya akan mulai memberikan vaksin kepada anak-anak dalam beberapa minggu mendatang. “Ini adalah vaksin pertama terhadap parasit penyebab malaria. Parasit merupakan organisme yang sangat rumit, jauh lebih rumit dibanding virus atau bakteri. Itulah sebabnya dibutuhkan waktu 30 tahun untuk mengembangkan vaksin pertama ini,” tukasnya.

Dunia yang bebas dari penyakit-penyakit ini adalah dunia di mana orang dapat membesarkan anak-anak yang sehat, memiliki kehidupan yang baik dan keluar dari kemiskinan. Ini akan menjadi dunia di mana bukan saja warganya yang sejahtera, tetapi juga negaranya.

( VOA / WUL )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background