MATA LELAH? ATASI DENGAN CARA INI…

Written by on 6 September 2019

MTBFM.CO.ID – Padatnya pekerjaan, berhadapan dengan layar komputer dan gadget sering membuat mata menjadi lelah. Ini akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi kondisi ini terjadi saat beraktivitas. Mata lelah umumnya bukan masalah serius dan bisa hilang dengan sendirinya setelah mengistirahatkan sejenak dengan beristirahat.

Kondisi mata lelah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti menyetir kendaraan dengan jarak tempuh yang jauh, menatap layar komputer atau gadget dalam waktu yang lama, atau terlalu lama membaca.

Seperti Apa Gejala Mata Lelah? Mata lelah bisa dikenali dengan beberapa gejala yang sering terjadi, antara lain mata terasa nyeri, pedih atau gatal, mata berair atau terasa kering, dan pandangan kabur atau berbayang.

Untuk mengatasi ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya :

  • Atur pencahayaan dan posisi layar komputer

Mengatur pencahayaan layar komputer bisa dilakukan dengan bantuan filter. Saat beraktivitas dengan komputer, pastikan selalu menjaga jarak aman antara layar dan mata, yaitu sekitar 50-60 agar jarak mata dan layar komputer ideal, maka gunakanlah kursi yang dapat diatur posisinya.

  • Perhatikan pencahayaan ruangan

Usahakan agar pencahayaan ruangan tidak terlalu terang, sehingga tidak menyilaukan mata, termasuk mengatur arah pencahayaan. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan layar komputer agar pencahayaannya tetap ideal.

  • Istirahat secara berkala selama 20 detik

Saat mengoperasikan komputer atau membaca, Anda dianjurkan untuk sesekali beristirahat dari kegiatan tersebut. Beristirahatlah setiap 20 menit, lalu istirahatkan mata Anda setidaknya selama 20 detik.

Mata lelah juga bisa dicegah dengan perawatan mata, di antaranya mengompres mata dengan kain yang sudah dibasahi air hangat, atau menggunakan tetes mata untuk menyegarkan mata saat mulai merasa mata kering.

Gejala-gejala mata lelah juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain, misalnya nyeri pada bahu, leher, punggung, dan sakit kepala. Beberapa gejala tersebut akan semakin terasa jika Anda kurang tidur. Sebab, tidur yang cukup sangat penting untuk mata. Selama tidur, mata juga akan beristirahat dan mendapat nutrisi untuk perbaikan jaringan, sehingga mata lelah dapat teratasi. Kurang tidur sama saja mengurangi atau mengganggu proses istirahat mata.

 

( src : ALO / WUL )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background