LAKUKAN “ME TIME” AGAR HIDUP LEBIH BERMAKNA

Written by on 28 June 2019

MTBFM.CO.ID – Dengan rutinitas yang padat, kadang membuat banyak orang tidak bisa melakukan me time. Waktu sehari-hari dihabiskan karena padatnya pekerjaan dan belum lagi traffic jam dikota-kota besar di Indonesia yang bikin stress.

Kalau sudah merasa penat yang memuncak bisa menimbulkan beban tersendiri bagi kondisi mental anda . Ini berarti saatnya anda melakukan me time.

Apa manfaat me time untuk kesehatan?

Dikutip dari Hello Sehat, banyak sekali manfaat me time  yang bisa didapatkan, yakni :

  1. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Masalah tertentu bisa jadi begitu membekas sehingga Anda terus memikirkannya saat bekerja, beraktivitas, bahkan hingga beristirahat.

Me time memiliki manfaat untuk menghilangkan pikiran tersebut. Ketenangan yang Anda dapatkan dari menghindari hiruk-pikuk kehidupan untuk sejenak juga berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja di kemudian hari.

  1. Memberikan kesempatan bagi anda untuk memahami diri sendiri

Saat terlibat dalam suatu kelompok, sudut pandang Anda akan dengan sendirinya mengikuti sudut pandang orang-orang di dalamnya. Tanpa sadar, inilah yang Anda alami setiap hari dari interaksi bersama teman, rekan kerja, atau orang lain.

Dengan menyendiri sejenak, Anda dapat merenungkan banyak hal yang selama ini tidak terpikirkan.

  1. Menyegarkan tubuh dan pikiran

Rasa jenuh, informasi berlebih, dan konflik yang berasal dari kehidupan sehari-hari juga dapat membuat pikiran Anda kusut. Dampaknya berpengaruh terhadap kemampuan Anda dalam berpikir, mengambil keputusan, dan menyelesaikan masalah.

Waktu untuk diri sendiri amat berguna untuk menyegarkan pikiran karena otak Anda terbebas dari berbagai hal yang mengganggunya. Jika pikiran Anda terasa segar, tubuh Anda pun akan merasakan hal yang sama.

  1. Memperbaiki hubungan dengan orang lain

Interaksi sosial dapat membuat Anda merasa jenuh terhadap orang lain. Akibatnya, masalah kecil yang ditimbulkan pasangan, anggota keluarga, atau teman bisa saja berubah menjadi konflik yang lebih besar.

Salah satu manfaat me time adalah untuk menenangkan diri sendiri. Begitu Anda lebih tenang, Anda akan siap untuk berinteraksi kembali dengan orang lain.

  1. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Ada perbedaan jelas antara kesepian dengan menyendiri. Kesepian merupakan emosi negatif yang timbul saat Anda merasa tidak terhubung dengan orang lain. Sebaliknya, menyendiri sejenak justru memberikan manfaat bagi kemampuan bersosialisasi.

Menghabiskan waktu dengan diri sendiri selama me time memiliki manfaat dalam meningkatkan beberapa aspek, di antaranya : kecerdasan intelektual dan emosional, rasa percaya diri, perasaan bahagia saat berinteraksi dengan orang lain, bahkan motivasi untuk mengembangkan diri sendiri.

Jadi, kapan nih terakhir anda me time?

( src : BERBAGAI SUMBER / WUL )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background