KOPI BANYUWANGI BERHASIL TEMBUS PASAR EROPA

Written by on 3 October 2020

MTBFM.CO.ID – Produk kopi Banyuwangi mencatatkan kinerja positif. Para petani kopi sari Kebun Malangsari Kecamatan Glenmore Banyuwangi mendapatkan pesanan sebanyak 600 ton untuk memasok pasar Eropa. Perkebunan kopi Malangsari berada di wilayah pegunungan selatan Banyuwangi yang terkenal dengan produk ”kopi lanang”.

Sanuri, Manajer Kebun Malangsari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII, mengatakan pihaknya telah mendapat pesanan perdana kopi robusta dari negara Swiss dan Italia sebanyak 600 ton. Beberapa kebun lainnya milik PTPN XII juga ikut berkontribusi, seperti Kebun Gumitir, Kebun Selogiri, serta kebun milik rakyat yang didampingi oleh PTPN XII.

“Pesanan ini di luar ekspor yang sudah kita lakukan. Di tahun 2020 ini kita sudah mengekspor dua kali panen yang totalnya sekitar 72 ton,” ujar Sanuri.

“Kopi dari perkebunan rakyat di Malangsari ini kualitasnya juga sudah terstandar. Kopi rakyatnya juga sudah dikenal di pasar Eropa, dengan branding Kopi Gunungsari. Selama ini kami melakukan pembinaan teknis mulai dari memilih bibit yang baik hingga proses penanaman dan panen,” tuturnya.

Menurut dia, kopi robusta yang dihasilkan dari kawasan Banyuwangi bagian barat ini memiliki cita rasa yang sangat digemari penikmat kopi di Eropa, khususnya Swiss dan Italia. “Kopi olahan kita ada rasa khas seperti coklat yang disukai lidah orang Italia,” ungkapnya

Oleh sebab itu, meski pandemi masih melanda dihampir semua negara yang mengakibatkan ekonomi dunia terpuruk, Banyuwangi masih konsisten mengekspor kopi unggulannya.

 

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background