FRUGAL LIVING VS PELIT! BEDANYA APA???

Mitra MTB pernah tau ngga sih istilah “frugal living” ? nah sebelum kita bahas lebih lanjut, hyuk kita kenalan dulu sama istilah yang belakangan lagi booming ini. Kalau dilansir dari Collins Dictionary, istilah frugal living terdiri dari dua kata, yaitu  “frugal” dan “living”. Kata “frugal” atau “hemat” kalau dalam bahasa Indonesia menunjukkan orang yang nggak banyak makan, atau nggak ngabisin banyak uang buat dirinya sendiri. Nah kalau “living” atau “hidup” merupakan tindakan yang dilakukan buat hidup, contohnya cari nafkah, bekerja, dan dapetin uang yang dibutuhin.

Frugal living bisa diartikan sebagai hidup hemat yang gambarin kondisi seseorang dalam menjalani kehidupan dengan menghemat uang buat keperluan pribadinya. Jadi, frugal living adalah pola hidup yang ngajarin kita buat bijak ngatur keuangan, misalnya dengan nggak beli hal-hal yang memang nggak perlu dan ngelola keuangan supaya keuangan yang kita punya bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Terus apa dong bedanya frugal living sama pelit

Frugal living kerap kali disandingkan sama pelit, padahal 2 hal ini sama sekali berbeda ya Mitra MTB, simplenya sih gini, kalau frugal living berhemat supaya uang yang dimiliki bisa lebih bermanfaat tapi kalau pelit memang ada sisi menghemat namun bukan berarti uangnya ditata untuk lebih bermanfaat, melainkan berfoya-foya untuk kesenangan dirinya sendiri.

Seperti penjelasan diawal juga kalau frugal living nggak beli sesuatu yang ngga perlu artinya kalau memang perlu ya tentu saja akan dibeli, nah konsep ini juga berbeda dengan pelit, yang bahkan tidak mau membeli keperluannya sendiri. Jadi uda jelas kan frugal living sama pelit itu bedaaaa. Gimana sampai sini tertarik buat mulai nerapin frugal living?

Frugal living buat pemula

Yang tertarik buat mulai nerapin frugal living, yuk sini ngumpulll.

  1. Mulai bedain mana kebutuhan & keinginan

Emang tantangan banget ya Mitra MTB buat mulai bisa ngenalin mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan, jadi yuk mulai susun skala prioritas, kalau memang cuman keinginan dan nggak harus dibeli, skip aja deh

  1. Manfaatin Promo yang ada

Tiap took pasti ada promo-promo kan, nah kalau memang barang yang dipromosikan sesuai dengan kebutuhan kita, jangan ragu-ragu buat beli barang-barang tersebut menggunakan promo yang ada

  1. Bawa bekal

Kayaknya bawa bekal ke tempat kerja bagi sebagian orang adalah hal yang bikin malu atau bahkan malas, tapi tau ngga sih Mitra MTB kalau dengan bawa bekal tiap hari kita uda bisa menghemat pengeluaran kita loh, bahkan bisa dibilang beli makan tiap hari itu bisa jadi salah satu pengeluaran terbesar kita.

  1. Batasin nongkrong di Café

Kayaknya simple ya, tapi terlalu sering nongkrong di café juga bisa banget bikin dompet kita boncos nih Mitra MTB, sebenernya gapapa juga kalau mau nongkrong bareng teman-teman, Cuma y aga harus sering-sering juga kaaannnn. Bila perlu jadwalin deh, sebulan harus berapa kali nongkrong di café.

Tuh… uda tau bedanya frugal living sama pelit, terus uda tau juga gimana cara mulai hidup frugal living, yuk mulai sekarang lebih bijak lagi ngatur keuangannya. Yuk bisa yuk…

 

 

 

 

What's your reaction?
17cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.