DETOKSIFIKASI DENGAN SAYURAN DAN BUAH, BISA LHO…

Written by on 11 July 2019

MTBFM.CO.ID – Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan detoksifikasi. Dokter Gizi Medik dari Departemen Ilmu Gizi FKUI, DR Dr Saptawati Bardosono, MSc menjelaskan detoksifikasi sebetulnya merupakan proses alamiah tubuh untuk menetralkan atau mengeluarkan racun dari mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Kata Dr Saptawati, sayuran untuk detoks sebaiknya yang berwarna hijau, merah, kuning. Jumlahnya cukup satu jenis sehari dan secara bergantian. Lalu untuk buah-buahan pilih buah berwarna merah dan kuning. Setiap hari konsumsi sebanyak satu porsi, atau kurang lebih 200gram. Air putih, yang bersifat melarutkan kandungan racun dalam tubuh sehingga memberikan pengurangan efek toksin yang signifikan, diminum minimal delapan gelas atau dua liter per hari.

Untuk sayuran, menurutnya, yang pahit seperti brokoli atau lainnya akan merangsang keluarnya enzim detoksi fikasi dan keluarnya cairan empedu untuk mencerna lemak, dan juga membersihkan organ hati terhadap racun dan zat kimia yang membahayakan tubuh. Untuk buah, konsumsi minuman campuran jeruk lemon dengan air hangat. Diminum setiap bangun tidur pagi akan membantu membuang racun dan kelebihan lemak.

Ketika menjalankan diet detoksifikasi juga harus memperhatikan cara memasak. Pilih cara masak dengan dikukus, dipanggang, atau tumis dengan sangat sedikit menggunakan minyak goreng. Namun, yang juga perlu diingat, ada jenis makanan yang harus dihindari, yaitu produk susu sapi (kecuali keju dan yoghurt), dan produk gandum.

Produk terbaik untuk membantu detoks anda adalah Ayurveda AVAyurveda berasal dari kata Sansekerta, ayur yang berarti kehidupan dan veda berarti pengetahuan. Pengetahuan yang disusun secara sistematis dengan logika menjadi ilmu pengetahuan. Ayurveda adalah Ilmu Pengetahuan tentang kehidupan. Menurut Ayurveda, kesehatan adalah kondisi seimbang dari tubuh, jiwa, pikiran dan lingkungan.

Nah, siapkah anda menjaga kesehatan dengan detoks?

( src : Ayurveda Indonesia / ADV / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background