SETELAH LEBARAN KOLESTEROL TINGGI? HARUS SEGERA ATASI!

Written by on 5 June 2019

MTBFM.CO.ID – Lebaran identik dengan makanan berkuah santan, seperti rendang, opor, gulai ayam, dan sayur lodeh. Belum lagi banyak kue kering di meja makan yang siap membuat lidah bergoyang. Tapi santan mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Tahukah Anda ciri-ciri di atas merupakan gejala kolesterol tinggi? Ketika Anda kalap menyantap sajian lebaran, leher pun mulai terasa ditusuk-tusuk dan dada menjadi nyeri. Mengutip beberapa sumber, ada cara menurunkan kolesterol tinggi yang wajib Anda ketahui!

Olahraga 30 menit per hari

Salah satu cara paling efektif untuk menurunkan kolesterol adalah mengubah gaya hidup. Mulailah aktif bergerak dengan olahraga, setidaknya pakailah 30 menit waktu Anda tiap harinya.

Minum air jeruk nipis setiap pagi dan malam

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang pertama adalah dengan meminum air jeruk nipis. Cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera berkurang.

Jambu merah

Sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi mulailah mengonsumsi jus jambu merah secara rutin, bisa langsung memakannya begitu saja atau dijus.

Rajin mengonsumsi brokoli

Brokoli mengandung serat yang tinggi yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Untuk mendapatkan manfaat brokoli sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi olah brokoli dengan cara direbus dan hindari penggunaan minyak untuk mengonsumsi brokoli.

Rajin mengonsumsi apel

Cara menurunkan kolesterol tinggi selanjutnya dengan mengonsumsi Apel. Buah ini terutama kulitnya mengandung pektin yakni serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Konsumsi pir

Pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian. Bahkan, nilai serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Konsumsi pir secara rutin sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

Segalanya bisa diatasi asal Anda tidak konsumsi secara berlebihan.

( BERBAGAI SUMBER / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background