MTBFM.CO.ID – Menjelang akhir tahun, Indonesia akan diguyur musim hujan yang membuat masyarakat maupun pemilik rumah harus bersiap-siap akan potensi hujan deras yang disertai angin kencang.

Musim hujan juga berpotensi membuat rumah Anda bocor atau rembes pada atap maupun dinding. Retak kecil sekalipun pada bagian rumah dapat membuat air mengalir dan merusak bagian rumah tersebut.

Untuk itu, pemilik rumah sebaiknya mempersiapkan diri dengan mengecek bagian hunian untuk mencegah kerusakan yang lebih berat imbas diterpa hujan. Berikut enam solusi persiapan rumah musim hujan :

Cek kondisi rumah

Lakukan pengecekan kondisi rumah. Saat cuaca panas, pengecekan dapat dilakukan dengan melihat kondisi rumah seperti noda bekas rembes pada plafon, dinding bergelembung dan berjamur, retak pada dinding luar. Saat hujan, cek juga seluruh ruangan adakah tanda-tanda air masuk mengakibatkan bocor dan rembes.

Bersihkan saluran air

Bersihkan saluran air, seperti saluran air pada atap beton. Jangan biarkan ada sampah yang menyumbat sehingga tidak menimbulkan genangan air terlalu lama.

Waterproofing

Pilih produk waterproofing yang efektif jangka panjang bangunan pada Anda, produk yang tepat membuat umur bangunan lebih panjang dan tidak terulang terus-menerus masalah bocor dan rembes.

Reparasi mandiri

Lakukan reparasi mandiri pada bagian rumah yang mudah dijangkau. Area dinding luar bagian teras misalnya dapat dilakukan reparasi mandiri dengan mengelupas cat lama yang sudah jelek, dan melapisinya dengan cat pelapis anti bocor.

Pakai jasa tukang

Panggil jasa reparasi untuk bagian yang sulit dijangkau dan membutuhkan penanganan khusus. Bagian plafon hingga atap beton maupun atap genteng yang sulit dijangkau, disarankan menggunakan jasa tukang yang lebih paham.

( src : ANT / M )

 

 

What's your reaction?
0cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2012 –  2021. All rights reserved.