MUSIM LIBUR TELAH TIBA, BAGAIMANA JAGA TUBUH TETAP SEHAT?

Written by on 27 December 2019

MTBFM.CO.ID – Sudah ada rencana kemana nih Mitra MTB liburan tahun baru nanti? Momen liburan akhir tahun biasanya dimanfaatkan dengan jalan-jalan bersama keluarga atau memanfaatkan kuliner kesukaan.

Sudah bisa membayangkan gimana serunya liburan kan. Agar bisa menikmati keceriaan momen liburan, penting untuk menjaga kesehatan. Bagaimana caranya?

  1. Makan sewajarnya

Menurut Alissa Rumsey, ahli gizi asal New York sekaligus pendiri Alissa Rumsey Nutrition and Wellness, hal tersebut akan membuat tubuh kita lebih merasa puas dengan apa yang dikonsumsi.

Ketika makan, duduklah dan nikmati momen liburan yang sedang kamu jalani. Beri perhatian lebih pada rasa, aroma dan tekstur makanan.

Selain itu, jangan menghadiri acara atau pesta dengan perut kosong, sebab kamu akan cenderung makan berlebih.

  1. Tetap terhidrasi

Rumsey mengatakan, air mengambil peran 60 persen dari total berat badan kita dan kita perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Air juga penting untuk beberapa fungsi tubuh, termasuk menjaga cairan-cairan sel dan menghantarkan nutrisi,” kata dia.

Minumlah air putih sesering mungkin dan batasi konsumsi minuman tinggi kalori.

  1. Pilih opsi sehat

Kamu tetap bisa menikmati makanan favoritmu sepanjang liburan tanpa menambah berat badan. Caranya, adalah dengan memilih opsi yang lebih sehat. Misalnya, mengganti krim dengan yogurt. Anda juga bisa makan lebih banyak sayuran serta mengonsumsinya dalam bentuk smoothie sebagai camilan.

“Aku biasa menyarankannya pada klien, karena cara ini lebih menyenangkan daripada mengonsumsi satu porsi utuh. Jika tidak punya waktu membuatnya, kamu bisa mencarinya (smoothie) di restoran atau toko,” kata pakar gizi dan diet, Samantha Cassetty.

  1. Tetap berolahraga

Menyisipkan waktu olahraga di tengah libur panjang mungkin menjadi sesuatu yang agak sulit. Untuk tetap termotivasi, buatlah perencanaan olahraga di antara waktu liburanmu.

Anda bisa memperpendek durasinya, misalnya mengakali durasi olahraga yang biasanya 30 menit menjadi 15 menit, namun dilakukan pagi dan malam hari.

Anda juga bisa melakukan jalan kaki dua kali sehari.

  1. Meningkatkan sistem imun

Menurut Cassetty, konsumsi buah-buahan dan sayuran berbagai warna adalah salah satu kebiasaan baik yang bisa dibangun untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita.

“Ini akan memastikan kita mendapatkan nutrisi untuk meningkatkan sistem imun, termasuk Vitamin C dan A,” kata dia.

Selain itu, konsumsilah kacang-kacangan dan biji-bijian secara rutin untuk menangkal penyakit.

Terakhir, jangan lupa menjaga tubuh tetap terhidrasi dan istirahat cukup. “Kurang tidur bisa melemahkan sistem imun,” ucap Rumsey.

 

( src : KMPS / WUL )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background