MINUM AIR DINGIN SAAT CUACA PANAS, BAIK KAH UNTUK TUBUH?

Written by on 10 July 2019

MTBFM.CO.ID – Saat musim kemarau yang sudah dirasakan di Surabaya, membuat banyak orang ingin minum yang dingin-dingin. Kesegaran air dingin ini ternyata bisa berpengaruh besar ke tubuh anda.

Dilansir dari hellosehat, apa yang terjadi pada tubuh kita ketika minum air es saat cuaca panas.

Minum air dingin saat cuaca panas ternyata baik untuk tubuh

Banyak orang yang mengatakan kalau minum air es tidak baik untuk kesehatan Anda.

Pernyataan tersebut juga ditemui pada ilmu kesehatan tradisional India (Ayuverdic). Di dalamnya dikemukakan bahwa minum air dingin memperlambat proses pencernaan di tubuh.

Akan tetapi, sebuah penelitian pada tahun 2013 berkata lain. Pada saat cuaca panas, sangat penting untuk menyeimbangkan suhu dan cairan di tubuh. Jika tidak, Anda tentu berisiko dehidrasi.

Pada penelitian yang melibatkan enam orang dehidrasi, terpapar sinar matahari, dan setelah olahraga menunjukkan bahwa suhu air minum memiliki pengaruh.

Terdapat perbedaan produksi keringat ketika mereka meminum air hangat dan air dingin. Air yang berasal dari keran (16°C) ternyata paling efektif untuk mengembalikan hidrasi para peserta.

Risiko yang dapat ditimbulkan jika terlalu sering minum air dingin

Walaupun dapat mengembalikan cairan tubuh saat dehidrasi, air dingin juga menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan Anda. Apalagi jika Anda meminumnya terlalu banyak.

Beberapa dampak buruk yang ditimbulkan oleh air dingin, diantaranya :

  1. Sistem pencernaan memburuk

Seperti yang dilansir dari NDTV Food, air dingin membuat kontraksi pada pembuluh darah Anda. Kontraksi tersebut ternyata berpengaruh besar terhadap proses pencernaan ketika menyerap nutrisi.

Ketika meminum air dengan suhu yang lebih rendah, tubuh membutuhkan energi ekstra untuk mengembalikan suhu tubuh Anda. Oleh karena itu, ketika Anda minum air dingin, proses pencernaan akan tidak maksimal dalam penyerapan vitamin dan nutrisi.

  1. Menurunkan detak jantung

Selain tidak baik untuk pencernaan Anda, minum air dingin juga bisa menurunkan detak jantung. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak terlalu sering meminum air dingin demi menjaga kesehatan Anda.

Minum air dingin saat cuaca panas memang memiliki manfaat dalam mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat produksi keringat. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa ada bahayanya jika terlalu sering meminum air dingin atau air es.

( src : HSH / WUL )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background