KULINER LEBARAN, OLAHAN UDANG INI BISA JADI REFERENSI

Written by on 4 June 2019

MTBFM.CO.ID – Udang biasanya disajikan sebagai lauk ketupat. Dengan beragam bumbu seperti lada hitam, petai dan asam pedas atau dibakar. Siapa yang tidak tergoda dengan olahan seafood yang satu ini? Dimasak dengan cara digoreng atau pun dibakar sama-sama enak.

Mengutip Detikfood, sajian special udang saat Lebaran bisa jadi referensi :

  1. Udang bakar sambal goreng

Udang bakar berdaging tebal paling enak disandingkan sambal goreng yang pedas manis. Rasa manisnya berasal dari pemakaian gula Jawa dan gula palem.

  1. Udang bumbu lada

Inginkan olahan udang yang tak kalah pedas dibanding udang bakar sambal goreng, buat saja udang bumbu lada. Bahan yang digunakan tidaklah sulit. Cukup siapkan bawang putih, jeruk nipis, saus tiram, kecap asin, kecap manis, lada hitam, dan tepung kanji.

  1. Udang Crunchy Asam Pedas

Udang goreng yang satu ini pasti jadi favorit banyak orang. Sajian ini enaknya dibuat dengan udang windu yang berdaging banyak. Kemudian dibalut tepung dan digoreng garing. Lalu dilumuri saus asam pedas. Disajikan hangat dan dimakan dengan nasi saja rasanya sangat manjakan lidah.

  1. Sambal udang petai

Siapa yang tidak tergoda dengan udang goreng kering yang dilumuri bumbu cabai nan pedas menggigit. Makin enak dipadu dengan petai yang renyah. Dimakan dengan nasi pulen hangat, udang sambal petai pas dijadikan lauk spesial Lebaran.

  1. Udang goreng telur saus bolognaise

Hidangan yang satu ini tidak hanya disukai orang dewasa, tapi juga digemari anak-anak. Udangnya digoreng hingga renyah kemudian diberi saus bolognaise. Eits, jangan beli saus bolognaise kemasan. Anda bisa membuatnya dengan mudah dan praktis di rumah.

( DTKF / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background