INGIN LEBIH PRODUKTIF? LETAKKAN TANAMAN DALAM RUMAH

Written by on 29 August 2019

MTBFM.CO.ID – Tanaman biasanya ditaruh di luar rumah untuk mempercantik halaman. Tapi tanaman juga bisa di letakkan dalam rumah. Banyak penelitian yang sudah melakukan riset mengenai meletakkan tanaman dalam rumah dengan kesehatan manusia. Bahkan sampai saat ini tidak ada hasil yang menunjukkan dampak negative dari memeliharan tanaman dalam ruangan.

Selain untuk menambah dekorasi, tanaman dalam rumah juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Mengutip Kompas, manfaat nya adalah :

  1. Mampu membersihkan racun

Kita menghabiskan sebagian besar waktu kita dengan berada di dalam ruangan. Karena itu, terjaganya kualitas udara sangat penting untuk kesehatan kita.

Polusi udara dalam ruangan dapat meningkatkan risiko terserang beberapa penyakit. Mulai dari penyakit jantung iskemik, stroke, penyakit paru-paru kronis, infeksi pernapasan pada anak-anak, serta kanker paru-paru. Tanaman dapat membersihkan udara dari polusi yang ada dalam ruangan.

  1. Membuat kita lebih sehat

Tanaman dalam ruangan digadang-gadang dapat membuat kita lebih sehat dan jarang sakit. Dengan memelihara tanaman, risiko beberapa penyakit dapat dikurangi. Misalnya, kelelahan, batuk, mata gatal, hidung yang beringus, dan tenggorokan yang kering.

  1. Mampu meningkatkan empati

Menurut sebuah studi, orang yang menghabiskan waktu lebih banyak untuk merawat alam, cenderung menjadi lebih peduli terhadap orang lain.

Merawat tanaman bisa membantu kita meningkatkan kasih sayang dan hubungan dengan orang lain. Oleh sebab itu, memelihara tanaman dapat mengajarkan pemiliknya agar memiliki empati yang lebih tinggi terhadap orang lain.

  1. Meningkatkan kreativitas dan produktivitas

Terlalu lama menatap layar komputer dapat meningkatkan kejenuhan yang berujung pada penurunan tingkat produktivitas. Efek negatif ini bisa saja dinetralkan dengan adanya tanaman dalam ruangan. Apa alasannya? Saat mata lelah, kita bisa mengalihkan pandangan dengan melihat tanaman yang tersedia dalam ruangan. Dengan ini, perhatian dapat terbaharui. Namun indera dan fungsi otak tetap terjaga, sehingga kreativitas dan produktivitas dapat dipertahankan.

 

( src : KMPS / WUL )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background