DAPAT THR? KELOLA DENGAN BIJAK AGAR TIDAK HABIS SETELAH LEBARAN

Written by on 18 May 2019

MTBFM.CO.ID – Moment lebaran adalah moment yang ditunggu-tunggu setelah umat muslim berpuasa sebulan penuh. Untuk yang sudah bekerja, Tunjangan Hari Raya (THR) pun sangat ditunggu-tunggu. Namun banyak sebagian besar masyarakat tidak menggunakan uang THR dengan bijak, sehingga habis setelah lebaran.

Ada cara mengelola uang THR dengan bijak, menurut Irfan Syauqi Beik, Pakar Keuangan Syariah yang dikutip dari Antara, yaitu :

  1. Membayar Zakat

Sebelum mengalokasikan uang THR untuk keperluan lain, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyisihkan dari penghasilan untuk zakat. Umat Islam wajib mengeluarkan zakat sebesar 2,5 persen dari penghasilan THR.

  1. Tabungan dan Investasi

Setelah zakat, uang THR juga perlu disisihkan untuk investasi. Prosentasenya antara 30-40 persen. Tabungan atau investasi perlu menjadi prioritas agar memiliki cadangan, sehingga tidak akan kehabisan uang setelah Hari Raya.

  1. Kebutuhan keluarga

Ini dapat berupa keperluan yang berkaitan dengan hari raya, seperti makanan, transportasi mudik dan membeli baju baru, atau berupa keperluan lain seperti membayar biaya sekolah anak dan bisa juga untuk membayar utang.

Persentase alokasi sekitar 40-50 persen. Persentase keperluan keluarga ini dapat disesuaikan dengan alokasi yang sudah ditetapkan dari penghasilan lain seperti gaji pokok atau tunjangan lain.

  1. Sedekah

Sedekah ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu sedekah yang sifatnya konsumtif seperti memberikan hadiah makanan atau uang kepada keluarga atau tetangga, dan sedekah sifatnya produktif misalnya sebagai modal usaha bagi yang membutuhkan. Bisa mengalokasikan untuk sedekah sekitar 20-30 persen dari penghasilan THR.

Nah, bagi yang sudah terima THR bisa langsung dipraktekkan ya. Selamat mencoba…

( ANT/WUL )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background