HEBOH CACAR MONYET DI SINGAPURA, KEMENLU RI KELUARKAN IMBAUAN KEPADA WNI

Written by on 15 May 2019

MTBFM.CO.ID – Kementrian Luar Negeri RI telah mengeluarkan imbauan kepada warga negara Indonesia (WNI) terkait temuan kasus cacar monyet yang diumumkan otoritas Singapura beberapa waktu lalu (9 Mei 2019).

Imbauan Kemlu tersebut diedarkan melalui akun media sosial dan situs Travel. Agar WNI yang berada di Singapura tetap tenang dan mengikuti perkembangan situasi ini melalui media lokal maupun lama Kementrian Kesehatan Singapura (https://www.moh.gov.sg).

WNI yang berada atau berencana bepergian ke negara-negara Afrika Tengah dan Barat, juga diimbau selalu menjaga pola hidup higienis, menghindari kontak kulit langsung dengan bangkai hewan atau mayat yang terinfeksi, serta tidak mengonsumsi daging satwa liar seperti monyet, kadal, buaya dan ular.

Jika ada WNI yang memiliki gejala-gejala tertentu, seperti demam, sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening dan ruam-ruam, setelah mengunjungi negara-negara di Afrika Tengah dan Barat, diharapkan segera mengunjungi dokter atau fasilitas medis untuk mendapatkan perawatan.

Bagi sebagian orang menganggap cacar air tidak jauh beda dengan cacar monyet (monkeypox). Namun, sebenarnya kedua penyakit ini berbeda dari sisi jenis virus dan cara penularannya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut penyakit cacar monyet ini disebabkan virus zoonosis langka yang di tularkan dari hewan ke manusia. Media penularannya antara lain kontak darah, cairan tubuh, lesi kulit atau mukosa hewan yang terinfeksi. Sementara cacar air disebabkan virus Varicella zoozter  dan biasanya ditularkan melalui pernapasan dan kontak langsung dengan lesi orang yang terinfeksi.

Kasus pertama cacar monyet di Singapura diumumkan setelah seorang warga Nigeria dinyatakan mengidap virus ini. Diduga dia mengkonsumsi daging satwa liar di sebuah resepsi pernikahan di Nigeria, sebelum memasuki Singapura pada 28 April 2019. Daging satwa liar merupakan salah satu sumber penularan satwa cacar monyet.

( ANT / WUL / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background