BAGAIMANA CARA MENEGUR TEMAN KERJA YANG SENSITIF?

Written by on 3 October 2019

MTFM.CO.ID – Berbagai macam sifat teman kantor, ada yang pendiam, humoris, galak sampai sensitif. Tapi akan ada masalah saat kita menemui jika bertemu dengan yang mempunyai sifat sensitif.

Kadang sifat yang mudah tersinggung membuat kita kewalahan untuk berbicara apa adanya saat ada rasa kesal dengan pekerjaannya yang mungkin berantakan dan tidak sesuai dengan arahan saat meeting.

Maunya blak-blakan tapi takut tersinggung, tapi kalau dibiarkan saja dia pasti tidak akan sadar dengan kesalahannya.

Bagaimana caranya untuk menghadapi teman kerja yang mempunyai sifat sensitif?

  1. Atur Gaya Bicara

Menghadapi orang yang mudah tersinggung itu gampang-gampang susah. Tapi karena anda butuh banget kerjasama dengan tim untuk menyelesaikan pekerjaan, jadi tidak mungkin anda membentak tiba-tiba. Jadi sebelum menegurnya, anda bisa bisa mengatakan “sebelum maaf ya,” lalu mulai jujur dengannya hal apa yang ingin anda katakan. Menegur dia baik-baik dengan intonasi nada bicara dengan lembut dan jangan sampai bernada tinggi.

  1. Berempati

Empati sangat dibutuhkan jika ada di situasi seperti ini. Dengan menunjukkan rasa empati anda kepadanya yang sudah membuat kesalahan dalam bekerja, bisa membuatnya jadi lebih menyadari kesalahannya dan merasa di dukung oleh anda untuk bekerja lebih baik lagi. Dan setelah anda utarakan bagaimana hasil pekerjaannya, anda bisa bertanya kepada dia, “apa kamu baik-baik sajakah?” Mungkin saja belakang ini dia mempunyai banyak masalah yang mempengaruhi kinerjanya.

  1. Perhatikan Bahasa Tubuhnya

Jika teman anda terlihat stress ketika saat muali memberi saran, anda bisa mulai bertanya kepadanya apakah ada pertanyaan atau pernyataan yang membuatnya tidak nyaman atau tidak setuju.

Jika dia hanya diam saja dan tidak menjawab apapun, lebih baik beri waktu untuk berpikir dan mencerna nasihat anda. Memberi waktu untuk menenangkan dirinya.

 

( src : PBL /  WUL )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background