Mitra MTB, yuk perketat lagi protokol kesehatan demi menghindari virus covid-19 yang kembali meningkat di sejumlah daerah di Indonesia. Untuk itu, sejumlah rumah sakit di Surabaya melakukan antisipasi. Bahkan Pemkot Surabaya mendorong warga untuk memaksimalkan layanan vaksinasi.

Empat pasien baru ditemukan di Surabaya saat skrining pasien yang akan menjalani tindakan operasi. Direktur RSUD dr. Mohamad Soewandhie, Billy Daniel Messakh menyebutkan, Usia 4 pasien terpapar covid-19 rata-rata berusia 40 – 50 tahun, dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

“Dari empat kasus Covid-19 itu, kami tidak mengetahui jenis varian virusnya. Sebab, tidak dilakukan pemeriksaan tingkat whole genome sequencing (WGS),” ucap Billy.

Pemkot Surabaya juga terus melakukan pencegahan dan antisipasi saat liburan Natal dan tahun baru (Nataru).

Kerjasama semua pihak masih dibutuhkan untuk tetap menjaga protocol kesehatan. Masih ingat kan prokes 5M untuk mencegah covid-19?

  1. Mencuci tangan

Cuci tangan secara rutin dinilai sangat efektif untuk mencegah penularan segala virus. Jangan lupa cuci tangan pakai sabun antiseptik dan air mengalir selama 20 detik.

  1. Pakai masker

Awalnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pakai masker hanya untuk orang yang sudah terinfeksi. Tapi dengan meningkatnya jumlah kasus covid, pakai masker diwajibkan untuk semua orang.

  1. Jaga Jarak

Saat berada di tempat umum tetap jaga jarak ya Mitra MTB. minimal 1 meter dengan orang lain. Tujuannya untuk mencegah droplet orang lain yang lagi batuk, bersin atau bicara.

  1. Jauhi Kerumunan

Semakin sering bertemu orang lain apalagi ada kerumunan, resiko penularan virus semakin tinggi. Nah untuk itu kalau tidak ada kepentingan mendesak, hindari tempat yang lagi ramai.

  1. Mengurangi Mobilitas

Semakin lama kita ada diluar rumah, resiko terpapar virus juga semakin tinggi. untuk itu penting bagi kita untuk mengurangi mobilitas dan tetep di rumah, kecuali ada keperluan mendesak yak Mitra MTB.

Yuk Mitra MTB, kita cegah lonjakan kasus covid-19 mulai dari diri sendiri!

What's your reaction?
17cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.