RITUAL SEBLANG OLEHSARI BANYUWANGI JADI ATRAKSI MENARIK WISATAWAN

Written by on 10 June 2019

MTBFM.CO.ID – Tradisi ritual Seblang Olehsari di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menjadi atraksi menarik para wisatawan.

Mengutip Antara, ritual Seblang Olehsari ini berlangsung selama tujuh hari berturut-turut sebagai bentuk ritual keselamatan desa. Ratusan orang yang datang menyaksikan langsung seorang penari dalam kondisi kerasukan di atas panggung bundar yang diiringi gending khas seblang, gerakan ritmis penari yang memakai mahkota (omprok) daun pisang pun menambah keelokan tarian ini.

“Seru atraksi ini, penarinya trance dengan gerakan berputar tetap. Asyik juga tadi diajak menari karena diberi sampur (selendang) sama penarinya,” kata Kabul Basuki, aktor dan pelawak senior yang biasa dikenal dengan nama Tessy usai menonton atraksi Seblang Olehsari.

Tradisi Seblang yang digelar setiap awal bulan Syawal, biasanya dimulai sejak 3 Syawal, dan dipercaya ‎bisa menghilangkan mara bahaya dan pagebluk. Penari seblang harus gadis muda, seorang perempuan yang ditunjuk leluhur melalui mediasi, dan seblang akan menari-nari dengan mata tertutup selama tujuh hari berturut-turut, yang biasanya dimulai pukul 14.00 WIB hingga menjelang Maghrib.

Sementara itu Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi mengatakan bahwa Seblang Olehsari merupakan salah satu kegiatan dalam agenda wisata Banyuwangi Festival.

“Ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemkab menjaga keberlangsungan tradisi dan adat warga lokal Banyuwangi. Kami tidak ingin adat dan tradisi yang telah hidup sejak puluhan tahun silam menghilang seiring perkembangan zaman. Untuk itu kami pentaskan dan kami gelar secara rutin sebagai upaya memghidupkan tradisi ini di generasi mendatang,” kata Anas.

( src : antaranews / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background