MUDIK LEWAT JOMBANG? JANGAN LUPA CICIPI JAJANAN KHAS KOTA SANTRI

MTBFM.CO.ID – Kabupaten Jombang mempunyai sejumlah jajanan khas yang cocok untuk buah tangan saat Mudik Lebaran. Salah satunya jenang kelapa muda. Sesuai namanya, jenang atau dodol yang satu ini menggunakan bahan utama kelapa muda. Parutan kelapa yang dicampur dengan tepung terigu, tepung ketan dan gula pasir menghasilkan dodol yang legit dan gurih.

Miftah Nurul Chakim (44) pemilik toko pembuat jajajan ini di Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang, mengatakan, meski arus mudik belum mencapai puncaknya, penjualan jenang kelapa muda buatannya sudah mengalami peningkatan. Kapasitas produksinya digenjot tiga kali lipat dari biasanya demi memenuhi permintaan pelanggan.

Pada hari-hari biasa ia hanya membuat 2 kwintal jenang kelapa muda. Namun menjelang Lebaran seperti saat ini produksinya mencapai 6 kwintal per hari. Sekali produksi, Miftah setidaknya menghabiskan 250 butir kelapa muda.

“Alhamdulillah edisi Lebaran seperti ini permintaan naik tiga kali lipatnya,” kata pria yang berbisnis jenang kelapa muda sejak 1987 ini, Senin (27/5/2019).

Tak hanya para pemudik yang kebetulan melintas, kata Miftah, pesanan jenang kelapa muda juga datang dari sejumlah daerah di Jatim. Bahkan penjualannya sudah merambah Jakarta, Kalimantan dan Sumatera. Selain rasanya yang nikmat, harganya yang terjangkau membuat jenang kelapa muda digandrungi banyak orang. Setiap pak kemasan 200 gram dipatok Rp 9 ribu. Sedangkan kemasan 300 gram dihargai Rp 13 ribu. ( DTK / M )

 

 

What's your reaction?
0cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2012 –  2021. All rights reserved.