MARI KENDALIKAN RASA CEMAS DENGAN MELAKUKAN INI

Written by on 10 October 2019

MTBFM.CO.ID – Gangguan kecemasan yang sering diderita banyak orang, ditandai dengan rasa cemas atau kekhawatiran yang berlebihan. Untuk mengendalikan kecemasan ini, ada beberapa hal bisa dilakukan.

Heriani, spesialis kesehatan jiwa menyarankan agar menerapkan latihan pernapasan. Ini bisa dilakukan dengan cara menarik napas perut secara perlahan dan mengeluarkan lebih lambat. Latihan pernapasan tersebut bisa dilakukan selama lima sampai sepuluh kali.

“Atau berapa kali saja sampai merasa tenang. Ini baik untuk melakukan kendali akan tubuh yang panik secara berlebihan,” katanya.

Cara efektif lainnya bisa dengan membayangkan hal-hal positif. Karena dengan membayangkan hal-hal yang positif bisa membuat seseorang menjadi lebih rileks dan lupa akan masalah yang dihadapi.

“Bisa memikirkan hobi, liburan, atau aktivitas menyenangkan lain. Jadi, secara tidak langsung pemikiran kita akan terdistraksi dari hal yang membuat stres dan panik,” katanya.

Heriani juga menghimbau untuk menjalani terapi progressive muscle relaxation (PMR). Tidak perlu dengan ahli, karena bisa dilakukan sendiri dan dimana saja. Salah satu contoh gerakan PMR adalah menarik napas sambil mengakat bahu selama 15 detik. Anda juga bisa memberi pijatan memutar pada kepala selama 15 detik.

 

( src : TMP / WUL )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background