JAWA TIMUR AKAN ALAMI 60 HARI TANPA HUJAN, WARGA DIHIMBAU BERSIAP

Written by on 25 June 2019

MTBFM.CO.ID – BMKG Klas I Juanda Surabaya menyebut sejumlah wilayah di Jawa Timur akan memasuki hari tanpa hujan (HTH). Sejumlah wilayah tersebut diperkirakan akan mengalami kekeringan ekstrem.

Teguh Tri Susanto Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda mengatakan, saat ini beberapa wilayah di Jatim bahkan sudah mengalami HTH. Itu terjadi karena saat ini sudah memasuki musim kemarau panjang.

“Memang sudah ada beberapa wilayah Jatim yang mengalami hari tanpa hujan dgn kategori sangat panjang. Penyebabnya sudah memasuki kemarau. Ya hampir semua wilayah di Jatim akan HTH kecuali di Lumajang dan Banyuwangi,” kata Teguh, Senin (24/6/2019).

Kemudian mengenai durasi hari tanpa hujan, pihaknya memperkirakan akan terjadi antara sekitar 31 sampai 60 hari. Bahkan, saat ini beberapa wilayah di Jatim sudah mengalami kekeringan seperti di Malang dan Sampang.

“HTH pada umumnya kriteria sangat panjang 31 sampai 60 hari. Kriteria kekeringan ekstrem malah sudah terjadi di Kabupaten Malang dan Sampang,” papar Teguh.

“Distribusi curah hujan Dasarian II Juni 2019 di Provinsi Jawa Timur juga sebagian besar masuk dalam kriteria Rendah 0-10 mm, kecuali sebagian kecil Kabupaten Lumajang dan Banyuwangi,” pungkasnya.

( src : DTK / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background