JASA PENITIPAN HEWAN, JADI PELUANG BISNIS SAAT MUSIM MUDIK

Written by on 19 May 2019

MTBFM.CO.ID – Selama bulan Ramadhan banyak menciptakan ide bisnis. Mulai dari bisnis baju lebaran sampai kue lebaran. Tapi ada satu peluang usaha yang bisa di coba menjelang lebaran yaitu usaha penitipan hewan.

Hewan kesayangan akan mendapat perlakuan khusus, budget besar tidak akan jadi masalah. Salah satu kendala bagi para pemelihara binatang diantaranya adalah dimana mereka harus meninggalkan hewan peliharaannya selama mudik. Tempat penitipan hewan pun menjadi solusi terbaik. Tak heran di moment liburan seperti libur lebaran, pelaku bisnis penitipan kucing atau penitipan anjing akan sibuk menerima orderan dari para pelanggan. Nah, tertarik membuka bisnis ini? Simak langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Tentukan Jenis Hewan Peliharaan

Jasa penitipan hewan peliharaan yang sering dicari biasanya untuk anjing dan kucing. Anda perlu mempelajari dulu cara merawat peliharaan tersebut dengan baik. Tentukanlah jenis hewan peliharaan yang akan Anda rawat dan jaga untuk usaha ini.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Memilih lokasi yang strategis juga menjadi hal yang penting. Pertimbangkan juga terkait menyewa ruko atau rumah yang akan jadi tempat usaha. Pilihlah tempat yang layak dan terdapat ventilasi agar hewan-hewan yang dititipkan merasa nyaman. Dengan begitu, pemilik hewan akan menyukai dan percaya untuk menitipkan hewan peliharaannya di tempat Anda.

  1. Buat Rencana Usaha yang Terukur

Selanjutnya, buatlah rencana usaha yang terukur seperti modal, berapa banyak pegawai yang dibutuhkan, harga makanan hewan, jumlah kandang dalam satu ruangan, dan biaya tambahan lainnya. Jangan lupa, persiapkan dana cadangan jika suatu saat Anda menghadapi biaya-biaya yang tidak terduga seperti terjadinya musibah.

  1. Tentukan Tarif Jasa

Menentukan tarif atau harga dari jasa tersebut, harus disesuaikan dengan fasilitas yang Anda tawarkan. Hal itu dikarenakan, setiap jenis hewan memiliki perlakuan yang berbeda-beda, mulai dari makanan dan minumannya, perawatan, sabun mandi, dan lain-lain. Untuk itu, harus menghitung semua faktor untuk bisa menentukan tarif dari jasa Anda. Umumnya tarif penitipan hewan per hari untuk kucing kecil adalah Rp 65.000,- dan untuk anjing ukuran besar Rp150.000.-. Biaya ini bisa naik sekitar 30% di saat high season atau musim liburan.

  1. Bekerjasama dengan Komunitas Pecinta Hewan

Memiliki tempat perawatan hewan peliharaan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba bergabung dengan komunitas pencinta hewan. Tujuannya adalah selain menambah relasi, juga dapat mempromosikan usaha yang Anda miliki, menambah wawasan melalui gathering atau talkshow berbagi informasi yang menarik seputar teknik perawatan hewan peliharan dan topik lainnya.

  1. Bekerjasama dengan Penjual Makanan Hewan

Menyediakan jasa penitipan hewan peliharan, tentu Anda juga harus memberikan pelayanan makanan dan minuman yang sehat. Untuk itu, lakukan kerjasama dengan tempat usaha atau penjual makanan hewan, agar mendapatkan makanan hewan yang sehat, disamping itu juga bisa mendapatkan promo potongan harga.

Jasa penitipan hewan memang tergolong menguntungkan. Maka dari itu, Anda juga harus menjalaninya dengan baik dan bersungguh-sungguh. Ingat, hewan adalah makhluk hidup yang harus dijaga dengan baik. Jangan sembarangan menjalankan usaha ini, dan lakukanlah persiapan dengan matang.

 

( BERBAGAI SUMBER/WUL/M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background