DESTINASI MTB : JALAN-JALAN KE KLENTENG TERTUA DI SURABAYA

Written by on 27 January 2020

MTBFM.CO.ID – Berjalan-jalan di Kota Surabaya tak lengkap jika tak mengunjungi tempat-tempat bersejarahnya. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya cagar budaya yang dimiliki oleh Kota Pahlawan ini.

Salah satu cagar budaya di Surabaya adalah klenteng Hok An Kion atau Sukha Loka. Klenteng ini disebut-sebut sebagai klenteng tertua di Surabaya, karena sudah ada sejak 1821 dan melalui proses pembangunan 1830.

Edi Yuwono, salah satu pengurus klenteng Sukha Loka pada MTBFM mengatakan, awalnya klenteng ini merupakan tempat bermukimnya pada pedagang dari Tiongkok. Mereka membawa kain untuk dijual disini dengan system barter rempah-rempah.

“Dahulu ada pedagang dari Tiongkok itu membawa rupang Dewi Bahari ( Mak Co ).” Kata Edi.

Selama beberapa lama, rupang Mak Co dibawa bolak-balik ke Tiongkok.

“Lama kelamaan pedagang itu tidak kembali dan akhirnya rupang diserahkan pada pedagang disini untuk dilestarikan.” Jelas Edi.

Menurut Edi, pada tahun 1821, Sukha Loka belum berbentuk klenteng. Proses pembangunan klenteng baru dilakukan pada tahun 1830, setelah rupang Mak Co diserahkan untuk dilestarikan.

Nah, gimana? Mau jalan-jalan ke klenteng tertua? Catat alamatnya, Klenteng Hok An Kiong di Jl. Coklat No.2 Surabaya, Jawa Timur.

 

( MTBFM / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background