IBU KOTA BARU, HAL UNIK MULAI KERAGAMAN HAYATI HINGGA KULINERNYA

Written by on 27 August 2019

MTBFM.CO.ID – Presiden Joko Widodo mengumumkan ibu kota baru yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kabupaten Penajam Paser Utara ternyata memililki sejumlah kekayaan alam yang berkontribusi pada kelestarian hayati dan sekaligus menjadi tujuan pariwisata, salah satunya penangkaran rusa yang terletak di Kecamatan Waru.

Mengutip Wikipedia, Kabupaten Penajam Paser Utara mencakup area 3.333,06 km persegi, dan memiliki populasi 142.922 pada Sensus 2010, estimasi resmi pada Januari 2014 adalah 165.552 jiwa. Area dengan luas 1.000 Ha ini digunakan untuk pengembangbiakan rusa yang dibangun pada tahun 1996. Catatan menyebut hingga tahun 2002 terdapat sekitar 109 ekor rusa dengan jenis rusa sambar dan rusa timor.

Selain itu, Kabupaten Penajam Paser Utara juga menjadi rumah bagi ribuan spesies bunga. Selain itu, terdapat juga wisata pantai (Pantai Lango, Pantai Lawe-lawe, dan Pantai Senipah). Ada pula sejumlah air terjun, salah satunya air terjun Sepaku, dan area hiking di Gunung Parung.

Beralih ke kulinernya yang khas dan unik, berikut beberapa kuliner khas Penajam Paser utara :

  1. Dampo Durian

Dampo durian atau lempok durian adalah kudapan mirip dodol yang sudah dibuat turun temurun dengan resep dan teknik tradisional. Dampo durian dibuat dari bahan dasar durian yang belum matang atau yang rasanya hambar. Dengan cara ini durian memiliki nilai jual yang lebih tinggi, demikian juga rasanya yang jadi lebih enak. Biasanya dampo durian banyak dijadikan oleh-oleh.

  1. Soto Penajam Paser Utara

Sekilas hidangan berkuah ini tak berbeda jauh dengan soto pada umumnya. Isiannya ada mihun, daging ayam atau sapi serta berbagai sayuran. Soto berkuah kuning dengan rasa gurih ini juga dilengkapi dengan daging bakar. Daging sapi yang disajikan mirip sate ini jadi menu pelengkap yang bikin orang ketagihan.

  1. Jenderal Mabok

Kudapan manis yang satu ini punya nama unik sekaligus bikin penasaran. Kue jenderal mabok biasanya tersaji saat momen spesial, terutama saat bulan Ramadhan. Kue berwarna kuning keemasan ini terbuat dari campuran susu, telur dan gula. Teksturnya yang lunak dan rasanya yang manis membuat kue ini populer sebagai takjil berbuka puasa. Kini kue jendral mabok juga banyak dibuat dengan tambahan daun pandan dan daun suji.

  1. Kue cimi-cimi

Bukan hanya nama kue yang unik tapi bahan baku dan proses pembuatannya juga menarik. Kue cimi-cimi terbuat dari bahan baku buah bakau yang diolah jadi produk makanan.

Ratusan ribu pohon bakau yang ditanam di pesisir kelurahan Kampung Baru, Penajam, membuat hasil panen buah bakau berlimpah. Inilah yang dimanfaatkan masyarakat untuk mengolahnya jadi kudapan yang berdaya jual tinggi. Kue cimi-cimi ini punya tampilan seperti kerupuk, teksturnya renyah dan rasanya gurih.

  1. Gula jengkol

Nah kalau kuliner yang satu ini biasanya jadi bahan oleh-oleh para pelancong. Di Penajam, gula jengkol jadi salah satu buruan karena rasanya yang manis legit dan bentuknya unik. Gula jengkol adalah sebutan untuk gula merah yang dicetak dengan bentuk dan ukuran mirip jengkol.

 

( src : berbagai sumber / wul )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background