BOTOL AIR SEKALI PAKAI, ADA BATAS WAKTU MAKSIMAL

MTBFM.CO.ID – Pertimbangkanlah sebelum Anda menggunakan kembali botol air kemasan berbahan plastik selama beberapa hari, karena penelitian menunjukkan ada risiko bakteri tumbuh di permukaan botol plastik yang digunakan lebih dari sehari.

“Setelah dua hari atau lebih, koloni mikroorganisme akan membentuk biofilm, mirip dengan cara teritip menempel di perahu,” kata Philip Tierno profesor mikrobiologi dan patologi di NYU Langone.

Lapisan biofilm berlendir ini bisa terdiri dari bakteri di mulut (plak pada gigi Anda sebenarnya adalah sejenis biofilm), yang juga berpotensi mengandung patogen yang ditularkan melalui air serta kuman dari tangan Anda yang mencemari air saat Anda membuka tutup botolnya.

Lalu, saat minum, mulut Anda mungkin bersentuhan dengan permukaan luar botol yang mengandung kuman.

“Anda bisa mengisi ulang botol sesering yang Anda mau selama 24 jam, tapi kemudian buanglah (botol itu),” kata Tierno.

Pernyataan ini didukung studi dalam Journal of Exercise Physiology pada Agustus 2018 yang menemukan, 90 persen botol yang sudah dipakai mengandung patogen, termasuk E. coli.

“Anda juga dapat menemukan organisme lain seperti salmonella dan norovirus. Meskipun organisme ini mungkin tidak dengan sendirinya menyebabkan infeksi, tetapi potensialnya selalu ada,” ujar Tierno.

( src : ANT / M )
What's your reaction?
0cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2012 –  2021. All rights reserved.