GAJIAN HANYA LEWAT? IKUTI TIPS BERIKUT..

Written by on 31 October 2019

MTBFM.CO.ID – Awal bulan adalah hari-hari yang dinantikan setelah kemarin akhir bulan banyak keinginan tertunda karena belum gajian. Dan setelah menerima gaji, banyak keinginan untuk dibeli. Belum ditambah lagi saat awal bulan banyak tawaran atau promo-promo yang menggiurkan. Dan ini bisa membuat gajian hanya lewat saja alias cepat habis.

Dikutip dari kompas, gaji yang tidak bersisa sebelum akhir bulan biasanya bukan karena jumlah gaji yang tidak cukup, melainkan manajemen uang yang kurang baik. Para analis finansial beragumen bahwa yang dibutuhkan adalah strategi menyimpan uang yang didapatkan setiap bulannya.

Lalu bagaimana caranya untuk menghemat setelah gajian? Coba ikuti tips berikut :

  1. Membuat dan menulis target

Setelah gaji masuk ke rekening, lebih baik menyusun target menabung untuk bulan itu. Dengan kata lain, niat apa yang anda lakukan terhadap gaji anda sama pentingnya dengan gaji itu sendiri.

  1. Catat pengeluaran

Catat semua disetiap pengeluaran. Salah satu cara mudahnya adalah dengan sistem rating. Misalnya, jika anda berencana menabung 40 persen dari total gaji bulanan anda, beranilah untuk mengatakan kalau anda gagal jika tidak berhasil menyisihkan uang sesuai dengan rencana anda.

  1. Susun budjet

Tulis seberapa besar pendapatan sekali pakai dalam sebulan dan berapa banyak anda ingin menabung. Ditambahkan semua pengeluaran-pengeluaran selama sebulan kedepan.

  1. Jangan membawa semua kartu debit

Kartu debit memang bisa menyelamatkan finansial saat terdesak. Tapi saat memegang beberapa kartu ATM dalam satu waktu bisa mempengaruhi perilaku untuk menggunakan uang.

  1. Beli barang yang diperlukan saja

Jangan mudah tergoda dengan promo-promo. Jangan terburu-buru memutuskan. Buatlah keputusan membeli sesuatu setidaknya 48 jam setelahnya.

 

( src : KMPS / WUL )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background