FACEBOOK, TWITTER, DAN TIK TOK PUNYA CARA PERANGI VIRUS CORONA

Written by on 10 February 2020

MTBFM.CO.ID – Wabah virus corona kini tengah menjadi perhatian dunia. Sejumlah perusahaan media sosial pun mencoba berkontribusi dalam menangani virus tersebut.  Bukan secara medis, melainkan dengan cara menyediakan informasi terpercaya terkait virus corona yang bebas hoaks.

Facebook, Twitter, TikTok, YouTube telah mengambil langkah guna mengedukasi penggunanya mengenai virus corona. Selain menyebarkan berita positif, platform ini juga memblokir konten yang mengandung informasi menyesatkan terkait persebaran virus corona.

Facebook telah mengambil langkah tegas dengan menghapus konten yang berisi informasi salah terkait virus corona. Facebook juga memberlakukan kebijakan serupa pada Instagram. Perusahaan ini akan memblokir hashtag (tagar) yang digunakan untuk menyebarkan informasi hoaks soal virus corona di Instagram.

YouTube pun juga akan menghapus video yang mengandung ujaran kebencian, pelecehan, dan konten yang memicu kekerasan ataupun penipuan. Terkait virus corona, YouTube mengatakan, pihaknya akan menampilkan video dari sumber tepercaya ketika pengguna memasukkan kata kunci “coronavirus” pada bilah pencarian di platform-nya.

Sama seperti Facebook, Twitter juga membuat fitur “Know the facts” yang muncul ketika pengguna mencari “coronavirus” pada Twitter. Informasi ini berisi fakta mengenai virus corona yang bersumber dari Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (Center for Desease and Prevention/CDC) AS.

Media sosial yang tengah naik daun, TikTok, juga membantu pengguna dalam memberikan informasi terpercaya mengenai virus corona dengan menyediakan link ke situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Untuk mengakses fitur ini, pengguna cukup mencari tagar #coronavirus pada pencarian. TikTok juga mengimbau pengguna untuk melaporkan konten yang berpotensi berbahaya.

 

( src : KOM / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background