CEGAH PENULARAN CORONA LEWAT UDARA DI DALAM RUANGAN, GIMANA CARANYA?

Written by on 14 July 2020

MTBFM.CO.ID – Melansir The Conversation, Douglas Reed ilmuwan dari Universitas Pittsburgh mengatakan ada tiga cara virus menginfeksi, yakni kontak langsung, tetesan, dan partikel udara.

Baru-baru ini WHO juga mengumumkan penularan corona bisa melalui airborne. Yang dimaksud bukanlah udara bebas di luar ruangan, tapi udara di dalam ruangan hasil dari keluarnya droplet. Sehingga dari penjelasan tersebut, mengarah pada udara dalam ruangan, terutama sirkulasi dan ventilasi rumah atau perkantoran.

Dicky Budiman Ahli Epidemiologi Universitas Griffith Australia, mengatakan ventilasi dan sirkulasi udara memegang peranan penting dalam penularan Covid-19 di dalam ruangan.

Ia mengatakan ventilasi adalah jendela atau celah udara yang membantu mengalirkan udara segar dari luar ke dalam rumah dan membuang udara kotor dan tercemar dari dalam ke luar rumah.

Pada perkantoran atau gedung hal ini sering menggunakan pendingin ruangan atau AC. Namun, Dicky mengingatkan yang harus diwaspadai adalah tidak semua AC memiliki fungsi sirkulasi.

“Sehingga bisa timbul kasus kluster seperti di restoran Wuhan China yang terjadi akibat sirkulasi udara ruangan tidak dibuang ke luar gedung,” ujar Dicky.

Untuk mengetahui apakah tempat tinggal atau gedung kantor, Dicky membeberkan kriteria berikut harus diamati atau dievaluasi.

Pertama adalah jumlah ventilasi harus sesuai dengan ukuran ruangan, setidaknya satu ruang ukuran 4 meter persegi punya satu ventilasi. Kedua, ruangan harus bebas dari bau. Ketiga setiap ruangan rapat atau ruang  makan hingga toilet punya ventilasi seperti jendela, AC, dan exhaust fan. Keempat adalah memastikan AC dan exhaust fan bekerja dengan baik untuk menjaga sirkulasi udara.

 

 

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background