CARA CERDAS HADAPI BODY SHAMING

Written by on 2 October 2019

MTBFM.CO.ID – Banyak korban body shaming yang langsung emosi, sakit hati dan malu atas perkataan atau perlakuan orang lain. Bahkan body shaming sudah sering kita temui. Jangan keburu emosi dulu, ada cara-cara bagaimana menghadapi body shaming. Coba ikuti cara ini :

  1. Bernafas dan tenangkan diri

Saat anda berhadapan dengan kritikan yang mengarah pada body shaming baik dari teman atau orang yang ada disekitar anda, tidak jarang akan tersulut emosi karena tidak tahan dengan hal yang mereka nyatakan tentang tubuh atau penampilan anda. Cobalah untuk membuat diri sendiri untuk setenang mungkin dengan menarik nafas dalam-dalam.

Dengan lebih tenang, anda tida akan bertidak gegabah dalam menghadapi body shaming tersebut. Misalnya: anda akan tanpa sadar membalas mereka dengan ungkapan yang berbau body shaming juga.

  1. Balas dengan ucapan positif

Saat menghadapi body shaming, cobalah membalas dengan perkataan dengan positif. Misalnya: “sekarang tambah subur aja”, dijawab aja dengan jawaban positif “kalau sekarang subur berarti itu tandanya bahagia”. Nah dengan jawaban yang positif ini setidaknya anda menunjukkan tidak tertindas akan adanya body shaming.

  1. Ajak berbicara dari hati ke hati

Disaat anda kurang nyaman atas perlakuan orang-orang yang memberikan komentar negatif akan tubuh dan penampilan, anda bisa mengajak mereka berbicara dengan tenang dari hati ke hati. Nyatakan bahwa perkataan mereka membuat anda tidak nyaman. Dan tidak perlu marah-marah didepan banyak orang, yang ada nanti anda akan mempermalukan diri sendiri juga.

  1. Jangan dihiraukan dan tetap cintai diri sendiri

Perlakuan body shaming memang sangat sulit untuk dihiraukan. Tapi kalau anda terlalu peduli terhadap body shaming, ini nanti pada akhirnya akan membuat anda semakin terpuruk dan membenci diri sendiri. Jadi lebih baik tidak perlu pedulikan omongan yang negatif dan lebih mencintai diri sendiri.

 

( src : IDN / WUL )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background