TARI LENGGANG SURABAYA, TARIAN KHAS SELAMAT DATANG

Written by on 13 September 2019

MTBFM.CO.ID – Tari Lenggang adalah salah satu tarian selamat datang yang khas dari Surabaya, Jawa Timur. Tarian ini dimainkan oleh beberapa penari wanita yang menari dengan gerakan yang indah dan anggun. Tari Lenggang Surabaya ini merupakan adaptasi pengembangan dari kesenian sebelumnya yaitu Tari Tanda’an/ Ledek Tayub dan Sandur Madura.

Menurut sejarahnya, Tari Lenggang ini diciptakan oleh Dimas Pramuka Admaji pada tahun 1995. Pada saat itu dia diminta untuk menciptakan suatu tarian penyambutan untuk memeriahkan hari jadi Surabaya. Permintaan tersebut disambut baik oleh Dimas Pramuka Admaji dengan memasukan berbagai unsur budaya dan seni yang ada di Surabaya pada tarian kreasinya. Setelah melalui proses observasi dan penggarapan yang baik maka jadilah Tari Lenggang ini.

Tarian ini pertama kali dipentaskan pada acara hari jadi kota Surabaya di kediaman walikota Surabaya. Pada acara tersebut dihadiri oleh tamu-tamu besar, baik dalam negeri maupun mancanegara. Dari situlah awal kemunculan Tari Lenggang yang hingga kini dijadikan sebagai salah satu tarian selamat datang untuk tamu besar yang datang ke Surabaya.

Musik pengiring dalam pertunjukan Tari Lenggang ini biasanya menggunakan iringan gamelan jawa dengan laras slendro yang menjadi ciri khas musik Gamelan Jawa Timur. Gendhing yang di gunakan biasanya merupakan Gendhing Jawa Timuran seperti walang kekek, jaranan, jula juli dan lain – lain. Selain musik juga terdapat tambahan seperti gaya vocal tanjung perak yang menjadi identitas kota Surabaya dan merupakan pengembangan dari Sandur Madura dan Remo putri.

Untuk busana Tari Lenggang ini merupakan pengembangan dari busana Tari Tanda’an, Tari Sandur Madura, dan Ning Surabaya yang dikemas dengan penuh warna. Selain itu berbagai aksesoris sebagai pemanis seperti bokongan, sampur, sabuk/ ebog, giwang, cundhuk, dan konde pada bagian kepala. Selain itu didukung dengan tata rias yang di sesuai kan dengan warna busana yang digunakan sehingga terlihat ekspresif dan cantik.

 

( src : BDYJW / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background