BANYU NGET, IKON WISATA RINTISAN DI TRENGGALEK

Written by on 18 May 2019

MTBFM.CO.ID – Sejak diresmikan pertama kali pada 2016, wisata rintisan Banyu Nget, di tengah hutan durian Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur,  seakan menjadi primadona baru bagi wisatawan.

Lokasinya yang berada di tengah jalur menuju Pantai Prigi dan Pasir Putih, membuat destinasi wisata yang dikelola langsung oleh Perum Perhutani bersama masyarakat desa hutan (LMDH) ini mudah diakses pengunjung.

Akses menuju wisata Banyu Nget sangat mudah. Dari Kota Trenggalek atau Tulungagung, jaraknya hampir sama. Sekitar 30 kilometer dengan menyusuri jalur utama searah menuju Pantai Prigi yang terletak di ujung timur pesisir selatan Trenggalek. Tapi jangan kebablasan lo.

Sebelum masuk terlalu jauh ke dalam, jangan lupa untuk membeli dulu tiket masuk destinasi wisata rintisan itu. Murah kok, hanya Rp5.000 per orang dan pengunjung bisa menikmati wahana wisata air terjun dan berendam di telaga-telaga kecil di bawahnya sampai puas.

Wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan dan kasrian alam Banyu Nget sambil menikmati lezatnya buah durian di sana. Langsung dari pohonnya dengan harga super murah. Mulai Rp15 ribu hingga Rp40 ribu per buah, bergantung jenis dan ukurannya. Ya, pokoknya dengan modal Rp100 ribu, cukuplah untuk makan durian sampai puas, dan rame-rame.

“Nama Banyu Nget diambil dari karakter air di salah satu area telaga yang memang airnya terasa lebih hangat alami dibanding area lain. Bukan karena belerang, tapi air yang menyembur keluar dari bawah memang mengandung panas alami sejak lama,” ujar Iswindarto, Wakil Administratur Perhutani BKPH Kediri Selatan.

Dulu sebelum area itu resmi dibuka sebagai destinasi wisata rintisan oleh Perhutani bekerja sama dengan LMDH, spot Banyu Nget di bawah telaga Urang Kambu dan Kedung Ombo itu banyak menjadi “jujugan” (tujuan) warga yang percaya air hangat alami tersebut memiliki khasiat untuk penyembuhan penyakit dan obat awet muda.

Terlepas benar-tidaknya mitos itu, yang pasti destinasi wisata Banyu Nget bisa menjadi salah satu obat manjur untuk menghilangkan stres sembari menikmati lezatnya buah durian. Baik yang sudah tersedia dijajakan di bawah oleh warga, maupun yang siap petik langsung dari pohonnya.

Nah, coba dulu sajalah ke Banyu Nget, dan nikmati sensasi awal menjelajah panorama alam kawasan selatan Trenggalek yang didominasi hutan durian dan tanaman kelapa ini. Kalau sudah, baru menjelajah destinasi wisata rintisan yang lain. Dijamin puas deh. Selamat berkunjung dan salam pesona wisata ya…!

( ANT/M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background