BANDENG JADI MENU WAJIB SAAT PERAYAAN IMLEK

Written by on 24 January 2020

MTBFM.CO.ID – Ada sejuta harapan untuk merayakan imlek, karena tahun baru dianggap menjadi titip permulaan yang menentukan nasib dan kehidupan mereka dalam setahun kedepan.

Tahun baru China atau lebih biasa dikenal sebagai Tahun Baru Imlek merupakan perayaan penting bagi orang Tionghoa. Di berbagai tempat di Indonesia perayaan imlek juga di ikuti maraknya perdagangan ikan bandeng.

Sebab pada perayaan Imlek, bagi keluarga keturunan China biasanya akan memasak ikan bandeng. Lalu apa kaitan antara masakan ikan bandeng dengan perayaan Imlek?

“Enggak tahu ya (kenapa ada tradisi bandeng), dari (saya) kecil sudah ada pas Imlek. Katanya sih itu simbol banyak rezeki buat tahun ke depan,” kata Imanuel, warga keturunan Tionghoa.

Menurut Imanuel, ibunya biasa membeli ikan bandeng pada satu hari sebelum perayaan Imlek.

Ikan ini, lanjut dia, akan dimasak bersama bumbu tumisan sayur yang terasa asam manis.

Alwi Shahab dalam buku “Saudagar Baghdad dari Betawi” menengarai, kehadiran bandeng yang menjadi salah satu tradisi Imlek di kawasan Jabodetabek merupakan perpaduan budaya China dan Betawi.

Salah satu jejak akulturasi yang masih terlihat sampai sekarang, pembeli bandeng menjelang Imlek tak hanya warga keturunan Tionghoa.

Selain diduga berasal dari akulturasi budaya, kehadiran ikan bandeng di perayaan Imlek juga punya rujukan ke bahasa China.

Dalam bahasa itu, kata ikan memiliki nada baca yang sama dengan berlimpah, yu. Itu kenapa, sajian ikan hampir selalu ada di perayaan Imlek, tak melulu bandeng.

 

( src : TRB / WUL )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background