AGAR TIDAK MUDAH RUSAK, CHARGER DAN EARPHONE PERLU DISIMPAN DENGAN BENAR

Written by on 14 September 2019

MTBFM.CO.ID – Sering mengeluh charger ponsel yang mudah rusak? Ada banyak kemungkinan. Misalnya memang bahannya kurang bagus. Atau bisa juga karena ini nih: kebiasaan penggunaan yang buruk.

“Biasanya charger kabel rusak pada bagian dekat ujung-ujung, karena bagian ini sering tertekuk,” jelas Lucky Sebastian, Pengamat Gadget.

Misalnya bagian ujung dekat kepala charger tertekuk karena kabel terlalu tertarik saat charging, atau bagian ujung satunya yang menyambung ke smartphone tertekuk karena sering digunakan sambil charging. Lucky menyebut sebaiknya kita memiliki charger di beberapa tempat yang biasa kita gunakan sehingga tidak sering cabut, gulung, dan pasang.

Tetapi untuk yang sering membawa charger kemana-mana, ada beberapa tips.

“Jika kepala charger bisa dilepas dari kabelnya, setiap dibawa selalu dilepas dahulu sebelum charger di gulung. Untuk kabel yang rentan rusak, seperti kabel iPhone, pada bagian ujung bisa diperkuat (reinforced) dengan bahan lain, seperti paracord, gulungan per, dll,” sambungnya.

“Mereka yang sangat mobile boleh juga invest untuk membeli kabel yang memang bahannya lebih kuat, seperti kepala colokan (usb) terbuat dari alumunium dan bahan kabel dengan perlindungan lebih seperti protective mesh dan nylon fibre.

“Untuk mereka yang bisa sangat apik, menggunakan tas atau dompet khusus yang banyak tersedia untuk traveling membawa banyak kabel, boleh dipertimbangkan,” kata Lucky.

Sama halnya dengan charger, kalau earphone bagaimana cara simpannya?

Kabel earphone biasanya lebih tipis dan kecil, mudah rusak karena sering kusut saat diurai karena cara menggulung yang seadanya. Sebenarnya mudah kok merawatnya.

“Intinya jangan sampai kusut (tangled), sehingga kabel di dalamnya yang kecil sering tertarik dan mungkin putus. Sama dengan kabel charger, kabel earphone juga sering bermasalah dekat sambungan ke earpiece, jadi lebih hati-hati dibagian ini,” ujar Lucky.

“Earphone yang bagus seringkali tidak murah, harganya bisa jutaan. Cara paling mudah dan aman untuk menyimpannya sebaiknya setelah digulung jangan langsung dimasukkan bersama barang-barang lain ke tas atau dikantungi. Gunakan case kecil wadahnya yang banyak dijual dipasaran yang cukup keras untuk melindungi earphone,” pungkas ia.

 

( src : INET / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background