WARGA SURABAYA BISA CETAK AKTA LAHIR LANGSUNG DI RUMAH SAKIT

Written by on 12 February 2020

MTBFM.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dispendukcapil) bersama dinas kesehatan, rumah sakit negeri dan swasta bekerjasama dalam waktu dekat untuk mewujudkan pencetakan akta kelahiran dan kematian di rumah sakit.

Agus Imam Sonhaji, Kepala Dispendukcapil Surabaya menjelaskan mengenai konsep dan teknis layanan baru ini, yang biasanya akta kelahiran dicetak di layanan kependudukan dengan membawa semacam surat pengantar di rumah sakit. Dengan layanan baru ini, pencetakan akta kelahiran cukup dilakukan di rumah sakit. Pihak rumah sakit membantu entri data orang tua dan berkas-berkas pendukungnya.

”Nanti approval tetap dari kami di dispendukcapil. Karena akan dicek datanya juga,” ungkap Agus.

Pihak rumah sakit diminta untuk membantu penyiapan tenaga operator, seperangkat komputer, dan printer laser jet. Kertas untuk pencetakan akta kelahiran itu cukup kertas biasa. Tapi, kertas tersebut dilengkapi dengan QR code dan nomor seri tertentu sebagai validasi.

”Printer laser jet yang menggunakan tinta serbuk. Cukup terjangkau kok,” ujar Agus dalam forum tersebut.

Dia menyebutkan, akan ada operator yang dilatih khusus untuk mengoperasikan aplikasi. Tiap rumah sakit juga bakal diberi akses untuk menginput data.

 

( src : JP / WUL )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background