TPA BENOWO SULAP SAMPAH JADI ENERGI LISTRIK

Written by on 14 September 2019

MTBFM.CO.ID – Tumpukan sampah yang menumpuk di TPA Benowo tidak disia-siakan begitu saja. Ke depan akan dijadikan sebagai energi listrik.

Eri Cahyadi, Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DK RTH) mengatakan sebanyak 1.300 – 1.500 ton sampah perhari yang diolah di TPA Benowo. Lahan 37,4 hektare bisa dimanfaatkan dengan baik dalam waktu yang panjang.

Eri menambahkan, pengolahan sampah menjadi listrik bukan sekadar demi mendatangkan keuntungan, namun untuk berinovasi agar lingkungan di Surabaya tetap terjaga. Bila pengelolaan sampah tidak dilakukan dengan baik, bakal berdampak buruk pada masyarakat. Sebab, sampah yang tak tertangani dengan benar dapat mengakibatkan banjir dan wabah penyakit.

Untuk hasil penjualan ke PLN, nominalnya bisa mencapai Rp 2 miliar per bulan.

“Untuk pemasukan, itu merupakan sampingan yang dihasilkan sendiri oleh PT SO. Jadi, tidak masuk PAD. Tapi pemkot tetap senang karena sampah dapat dimanfaatkan dengan baik,” ungkapnya.

Pengolahan sampah menjadi listrik di TPA Benowo sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 35 Tahun 2018 tentang percepatan pembangunan instalasi pengolah sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan yang disahkan pada April tahun lalu.

 

( src : DTK / WUL )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background