SURVEI : PENGELUARAN INTERNET BERTAMBAH SELAMA PANDEMI CORONA

MTBFM.CO.ID – Alokasi pengeluaran belanja untuk internet bertambah selama pandemi Covid-19 akibat infeksi virus corona.

Hasil survei yang dilakukan Alvara Research Center menunjukkan bahwa pengeluaran belanja masyarakat atas kebutuhan internet pada 2020 ini mencapai 8,1 persen, sedangkan tahun lalu hanya sebesar 6,1 persen. Dengan demikian terdapat kenaikan 2 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Menurut Hasanuddin Ali CEO Alvara Research Center, peningkatan pengeluaran belanja internet masyarakat itu dipengaruhi juga oleh kebijakan pemerintah untuk bekerja di rumah dan sekolah dari rumah.

“Konsumsi internet kita naik. Orang yang menggunakan internet di atas 7 jam ada 48,7 persen. Baik untuk kebutuhan mengunduh, belanja online, ini menjadikan tingkat pengeluaran internet tinggi,” kata Ali dalam diskusi daring di Jakarta, Minggu (12/7) seperti dikutip Antara.

Pengguna internet paling dominan selama pandemi COVID-19 di Indonesia adalah generasi Z, kemudian berturut-turut disusul generasi X, generasi milenial atau generasi Y, dan terakhir generasi baby boomers.

Selain itu, puncak aktivitas internet masyarakat Indonesia selama pandemi COVID-19 adalah pukul 8 malam atau 20.00 WIB.

Prime time-nya jam 8 malam,” kata Hasanuddin Ali CEO Alvara Research Center.

Kenaikan belanja internet itu dilakukan antaralain untuk bertukar pesan, mengakses jejaring sosial, menonton video tanpa unduh atau video streaming, mengirim e-mail, belanja online, transportasi online, game online, belajar online, video conference, dan lainnya.

 

 

 

What's your reaction?
0cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2012 –  2024. All rights reserved.