SINGLE ‘ADAPTASI’ TULUS BERISI HARAPAN

Written by on 10 September 2020

MTBFM.CO.ID – Selama pandemi corona melanda dunia, salah satu hal yang digaungkan adalah anjuran untuk tinggal di rumah saja atau setidaknya mengurangi aktivitas luar ruang dan menghindari kerumunan. Pilihan di rumah saja dalam level tertentu bagi sebagian orang adalah momen untuk merenungi pelajaran-pelajaran penting di baliknya.

Dalam situasi tersebut, Tulus merilis single terbaru “Adaptasi” menjelma menjadi produk kontemplasi atas waktu-waktu yang kita gunakan selama di rumah. Ini adalah karya terspontan yang pernah diciptakan di sepanjang karir bermusiknya.

Meski digarap dalam waktu yang singkat, Tulus tetap hadir dengan konsep yang kuat. Terlihat jelas yang ingin dibangun oleh Tulus lewat lagu “Adaptasi” adalah ‘kedekatan’, baik secara lirik, maupun pada proses promosi. Lirik “Adaptasi” menggunakan kata-kata sederhana yang mampu terkoneksi langsung dengan situasi hari ini.

Dalam lirik, Tulus menggambarkan rumah tidak hanya digambarkan sebagai benda mati, melainkan sebagai ruang yang hidup. Ruang yang menampung banyak interaksi, semakin kita berdiam lama di dalamnya. Tulus juga menggambarkan ketidakkuasaan manusia meraba masa depan.

Adaptasi juga berisi harapan. Melalui lirik “Kita di bawah atap lindungan yang sama..Menunggu tenangnya langit pagi”, Tulus menekankan akan harapan bersama hari ini. Harapan tentang situasi yang bisa kembali ke sedia kala.

Akhirnya, Tulus lewat “Adaptasi” bisa kita nikmati juga di radio MTB FM Surabaya.

 

 

( M )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background