PERTUNJUKAN TOPENG MONYET RESMI DILARANG, LHO

Written by on 7 May 2019

MTBFM.CO.ID – Pertunjukan topeng monyet hingga saat ini masih ada di Surabaya. Salah satunya, pertunjukan secara terang-terangan di area car free day (CFD) Taman Bungkul, Jalan Darmo.

Mengenakan kostum warna pink, mamalia bernama latin Macaca fascicularis itu menarik perhatian pengunjung. Terutama para bocah. Mereka antusias melihat gerakan si monyet. Monyet ekor panjang tersebut manut saja dengan perintah pawang ketika disuruh melakukan berbagai atraksi.

Mulai memakai topeng, mendorong gerobak, hingga naik skuter kayu. Semua dilakukan dengan iringan alunan musik yang ditabuh pengiring topeng monyet.  Setelah memainkan semua gerakan itu, sang monyet pun berkeliling mengampiri pengunjung yang menonton aksinya dengan membawa wadah dari styrofoam. Sang monyet minta upah seikhlasnya.

Meski lucu, pertunjukan yang menampilkan ketangkasan si monyet itu sebenarnya telah dilarang lewat berbagai aturan. Mulai UU hingga yang terbaru Surat Gubernur Jatim Nomor 522/368/002.3/2019 tentang Pelarangan Penyelenggaraan Pertunjukan Topeng Monyet di Jawa Timur. Surat tersebut disahkan pada 8 Januari 2019.

Ada empat poin imbauan dari surat itu terkait pertujukkan topeng monyet. Pertama, pertunjukan tersebut melanggar UU Konservasi serta UU tentang pertenakan dan kesehatan hewan. Kedua, pertunjukan topeng monyet adalah bentuk kekerasan pada hewan. Ketiga, pertunjukan tersebut bisa menularkan penyakit dari hewan ke manusia dan sebaliknya (zoonosis). Keempat, mengimbau agar OPD dan berbagai instansi serta masyarakat melarang pertunjukan itu.

Gatut Panggah Prasetyo Kasubbag Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan BBKSDA Jatim mengatakan, pencegahan pertunjukan topeng monyet terus berlanjut. Salah satu buktinya, ada penertiban yang telah dilakukan linmas dan satpol PP di daerah. “Saat ini sudah ada puluhan yang diserahkan ke BBKSDA,” tuturnya. ( JPNN / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background