PENGANGGURAN DI INDONESIA TERTINGGI KE-2 DI ASIA

MTBFM.CO.ID – Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tengah tahun ini, tercatat ada 5,01 persen penduduk produktif di Indonesia yang menganggur.

Indonesia tertinggal dari Laos dan Kamboja secara berurutan dalam data BPS. Artinya ini memang menjadi angka terendah dalam sejarah Indonesia, dan tetap menjadi yang tertinggi kedua di Asia Tenggara.

Muhammad Nur Rizal, Kepala Generasi Muda Indonesia (gsm) mengatakan waktu mendatang Indonesia sedang menghadapi periode krusial bonus demografi. Jumlah generasi milenial yang berusia 20-35 tahun mencapai 24 persen, setara dengan 63,4 juta dari 179,1 juta yang merupakan usia produktif (14-64 tahun).

“Generasi muda Indonesia akan menghadapi persimpangan yang belum pernah ada sebelumnya,” ujarnya.

Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengatasi tantangan zaman yang terus berubah, khususnya terkait polemik bonus demografi.

“Ketika proporsi anak muda Indonesia yang besar itu ternyata tidak cukup produktif atau bermental lemah, maka jumlah besar itu akan menjadi bencana demografi sehingga niat bangsa ini untuk keluar status negara low-middle income akan terhambat,” ujarnya.

 

( src : VV / WUL )

 

 

What's your reaction?
0cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2012 –  2021. All rights reserved.