PANITIA HAJI SURABAYA SITA ROKOK HINGGA OBAT TRADISIONAL DARI CALON JAMAAH

Written by on 8 July 2019

MTBFM.CO.ID – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menyita ratusan rokok dari calon jemaah haji (Calhaj) kloter 6 dan 7. Selain rokok, ada pula aneka jamu, obat kuat hingga tisu magic.

Sebelumnya, dari pemeriksaan koper milik kloter 6 asal Kabupaten Sumenep, petugas menyita beberapa barang yakni 449 bungkus rokok. Kemudian 518 sachet obat dan jamu. Di antaranya obat kuat. Pemeriksaan itu disaksikan 7 pemilik koper.

Sementara dari pemeriksaan kloter 7 asal Kabupaten Sumenep, petugas menyita 467 bungkus rokok dan 8 ribu sachet obat atau jamu. Obat dan jamu tersebut di antaranya obat kuat, pelangsing, jamu rumput fatimah, super tetra dan lain-lain.

Ketika ditanya alasan membawa barang tersebut, rata-rata pemilik koper mengaku dititipi saudaranya. Mereka mengaku tidak mengetahui barang apa yang dimasukkan ke dalam kopernya.

Sementara Jamal Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya mengatakan, calhaj hanya diperbolehkan membawa rokok maksimal 2 slop atau 200 batang. Selain itu, obat-obatan yang dikonsumsi calhaj harus atas rekomendasi dokter sesuai kebutuhan.

“Jemaah haji hanya diperbolehkan membawa rokok maksimal 2 slop, serta obat-obatan yang diperlukan sesuai rekomendasi dokter. Lebih dari itu, akan menjadi barang sitaan negara,” ujar Jamal.

Saat ditanya mengenai nasib dari barang-barang sitaan itu, Jamal mengatakan akan dimusnahkan atau disumbangkan.

( src : DTK / M )

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


102,7 MTB FM

Ragam Hiburan dan Musik Inspiratif

Current track
TITLE
ARTIST

Background