MULAI 2020 SISWA SD – SMP WAJIB IKUT PELATIHAN PENYELAMATAN

Written by on 9 December 2019

MTBFM.CO.ID – Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya menyiapkan program pelatihan rescue untuk siswa SD dan SMP. Pelatihan rescue akan dimulai Januari 2020, karena saat ini Pemkot Surabaya sedang menyiapkan kolam renang yang terletak di wilayah Jambangan dan akan selesai akhir 2019.

Tri Rismaharini Walikota Surabaya mengatakan, tujuan program pelatihan penyelamatan bagi anak-anak adalah untuk memberikan bekal penyelamatan. Anak-anak diharapkan bisa mengantisipasi jika terjadi bencana. Dan kegiatan ini nantinya akan dibawah koordinasi Dinas Pendidikan.

“Kita tidak minta ada musibah di manapun. Tapi kita ingin anak-anak memiliki pengalaman rescue (penyelamatan),” kata Wali Kota.

Risma menjelaskan, pihaknya akan memberikan training khusus kepada para pelatih yang akan memberikan pelatihan penyelamatan terhadap anak-anak. Mulai dari cara memegang ban, naik perahu karet maupun sekoci.

“Nanti jadwal sekolah-sekolahnya kita buat bergilir sekolah negeri dan swasta. Jadi, sekolah akan mengirim (siswa, red) bergantian,” kata dia.

Risma menyebut, bahwa latihan rescue bagi anak-anak akan masuk dalam kegiatan ekstra kurikuler, dan sifatnya wajib. Untuk anak-anak yang phobia kedalaman air akan ditangani secara khusus. Sedangkan untuk anak-anak yang mempunyai bakat di cabang olahraga tersebut, nantinya akan dikembangkan oleh Pemkot Surabaya.

Bahkan Pemkot tidak hanya menyiapkan program pelatihan rescue bagi anak-anak, tapi seragam dan peralatan juga disiapkan. Selain itu, bagi siswa yang berlatar belakang keluarga yang tidak mampu nantinya akan ditanggung oleh Pemkot Surabaya.

 

( src : LPT6 / WUL )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background