MINIMNYA MINAT PENUMPANG NAIK BUS, MENHUB AKAN IDENTIFIKASI

MTBFM.CO.ID – Kementerian Perhubungan akan mengidentifikasi terkait masih minimnya minat penumpang bus, khususnya untuk jarak menengah atau Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan minat penumpang untuk menggunakan moda transportasi darat tersebut.

“Kalau dari pengamatan kami tadi, untuk bus jarak jauh (AKAP) dan Bus Rapid Transit (BRT) sudah cukup baik. Namun bus jarak menengah memang punya masalah. Jadi penumpangnya tidak banyak, minatnya juga kurang, padahal busnya baik. Kami mau mengidentifikasi apa yang terjadi di angkutan menengah ini,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menurut Budi, sangat penting untuk mencocokan antara fasilitas yang disediakan seperti bus dan terminal, dengan kebutuhan masyarakat agar angkutan bus bisa berjalan optimal.

“(Rute) bus tidak hanya ke Solo atau Surabaya saja, tapi bisa dari Solo atau Surabaya ke Temanggung atau daerah lainnya. Masing-masing provinsi harus mengamati kecenderungan masyarakat, yang diinginkan rutenya seperti apa. Sehingga cocok antara fasilitas yang diadakan dan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

“Kami terus galakkan perbaikan terminal ke seluruh Indonesia, karena angkutan massal di perkotaan ini penting sekali untuk mengurangi kemacetan,” tegas Budi. ( JPNN / M )

 

 

What's your reaction?
0cool0bad0lol0sad

Add Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2012 –  2021. All rights reserved.