KECAMATAN PACET DI MOJOKERTO SUDAH PANTAS JADI SENTRA BAWANG PUTIH

Written by on 24 September 2020

MTBFM.CO.ID – Bawang putih Pacet dikenal memiliki kualitas terbaik dengan aroma khas yang sangat pedas. Sebagai satu-satunya kecamatan penghasil bawang putih di Mojokerto, usaha tani bawang putih awalnya menjadi andalan petani sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan.

Pelan namun pasti, budidaya sentra bawang putih di Pacet kembali menggeliat, baik yang telah ada, maupun baru mulai tumbuh dan berkembang. Adanya kebijakan tanam bawang putih membakar semangat petani mengembangkan usaha tani bawang putih kembali.

Bagi orang di luar Jawa Timur, nama Pacet, Mojokerto sebagai penghasil bawang putih mungkin terdengar asing. Padahal faktanya, sejak 1974 wilayah Pacet adalah penghasil bawang putih lokal.

Pada 2020 ini di Kecamatan Pacet terdapat pertanaman seluas 109 ha. Sebagian besar dikembangkan secara swadaya bekerja sama dengan penangkar bawang putih. Pertanaman bawang putih di Pacet tersebar di 6 desa yaitu Desa Sajen, Pasukan, Claket, Petak, Cepokolimo dan Kemiri. Areal pertanaman bawang putih saat ini mencapai 109 ha dengan pertanaman terluas di Desa Pacet yaitu seluas 32,05 ha dan disusul Desa Petak seluas 27,10 ha.

Teguh Gunarko Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, mengatakan, hingga kini lebih kurang 27 ha bawang putih di wilayahnya telah dipanen. Sisa sebanyak 82 ha lainnya diperkirakan terakhir panen pada Oktober 2020 dengan produktivitas berkisar 12-14 ton/ha.

“Saya optimis dengan kondisi seperti saat ini dan dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat, pertanaman bawang putih di Pacet dapat bertambah luas,” katanya, Rabu (16/9).

Kondisi senada disampaikan Sukarman Direktur Perbenihan Hortikultura. Dalam rangka memperbaiki kualitas bawang putih nasional, salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu penggunaan benih bawang putih yang berkualitas.

Sebagai informasi, bawang putih asal petani dari Pacet sebagian besar berukuran besar atau lebih dari 3 cm dengan prosentase di atas 70 persen. Karena itu, sangat cocok apabila pada gilirannya produksi bawang putih petani pacet digunakan sebagai benih untuk pengembangan kawasan bawang putih nasional.

 

( src : RILIS )

 

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background