INTERNET LEMOT SAAT WFH? LAKUKAN CARA INI…

Written by on 13 April 2020

MTBFM.CO.ID – Anjuran bekerja di rumah (working from home/WFH) selama pandemi virus corona baru, COVID-19 mengharuskan kita mengandalkan internet rumah untuk menghadiri rapat lewat konferensi video atau mengunggah dokumen besar untuk urusan kantor.

Sayangnya, jaringan internet rumahan tidak selalu bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan cepat.

TIME melansir delapan cara meningkatkan kecepatan internet saat WFH sebagai berikut:

1. Jangan kerja pas jam sibuk

Harus mulai rapat jam 9 tepat? Itu mungkin bukan ide terbaik jika banyak orang di daerah Anda melakukan kegiatan bandwidth tinggi pada saat yang sama, itu bisa memperlambat segalanya untuk semua orang.

Solusinya? Tunggu beberapa menit untuk menghindari masalah koneksi dan mengurangi beban pada layanan panggilan dan konferensi video yang Anda gunakan. Bahkan penundaan 10 menit dalam panggilan dapat meningkatkan kualitas dan mengurangi kemungkinan pemutusan.

2. Jadwalkan mengunduh dokumen besar malam hari

Sama seperti mengubah jam kerja, menjadwalkan mengunduh dokumen besar dan memperbaru (update) program saat pengguna internet sedang sedikit bisa mempercepat internet. Unduh dan update dokumen besar saat tengah malam, misalnya.

3. Matikan perangkat “idle”

Jika Anda menggunakan satu jaringan internet untuk beberapa perangkat, maka matikan saja perangkat yang idle atau sedang tidak digunakan tapi tetap menyala.

4. Jangan sembunyikan router

Penghalang seperti pintu, partisi, atau dinding bisa menurunkan kekuatan koneksi internet, apalagi kalau harus bekerja di ruangan yang berbeda. Untuk mengatasi masalah ini, pertimbangkan untuk menempatkan router nirkabel Anda di tempat yang terlihat mata – atau setidaknya di tempat yang tidak terhalang.

5. Koneksi kabel selalu lebih baik

Jika Anda memiliki opsi untuk melepaskan web nirkabel sepenuhnya, pertimbangkan untuk memutuskan kabel Ethernet dan membuat koneksi langsung antara perangkat Anda dan router Anda. Internet nirkabel tentu saja nyaman, tetapi satu kelemahannya adalah latensi — waktu yang diperlukan untuk sinyal bolak-balik antara router dan perangkat — terutama dibandingkan dengan koneksi kabel.

( src : ANT / M )

 

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background