BMKG : WASPADAI DAMPAK SIKLON TROPIS MUN DI SEJUMLAH PERAIRAN INDONESIA

Written by on 4 July 2019

MTBFM.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi gelombang setinggi 1,25-6 meter yang berpeluang terjadi di sejumlah perairan Indonesia pada 3-06 Juli 2019 dampak dari siklon tropis MUN di Laut China Selatan.

Informasi dari Taufan Maulana Kabag Humas BMKG, Rabu, kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Bengkulu-Enggano, Perairan Selatan Banten, Laut Jawa, dan Selat Makassar bagian selatan. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Dari hasil pantauan BMKG, sejumlah wilayah perairan di indonesia berpeluang terjadi gelombang dengan ketinggian 1,25-2,5 meter seperti Selat Malaka bagian utara, Laut Timor selatan NTT, Selat Karimata bagian selatan.

Selain itu terpantau juga di Laut Jawa, Perairan Utara Jawa Tengah hingga Kepulauan Kangean, Perairan Selatan Kalimantan, Perairan Kotabaru, Selat Lombok bagian utara, Laut Sumbawa dan Laut Bali, Selat Makassar bagian selatan, Laut Flores dan Laut Seram.

Sementara beberapa wilayah lain di Indonesia juga berpotensi mengalami gelombang tinggi mencapai 2,5-4 meter seperti Perairan Utara Sabang, Perairan Sabang-Banda Aceh, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, serta Samudera Hindia selatan NTB hingga NTT.

BMKG juga memprakirakan wilayah perairan Indonesia lain yaitu Perairan Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur, dan juga Samudera Hindia barat Lampung hingga selatan Bali berpotensi mengalami gelombang yang lebih tinggi dengan kisaran antara 4-6 meter.

( src : ANT / M )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background