APA HUBUNGAN KECANDUAN GADGET DENGAN GANGGUAN JIWA?

Written by on 22 October 2019

MTBFM.CO.ID – Saat ini gadget memiliki peran yang sangat krusial dalam kehidupan manusia di era digital. Bermula dari alat untuk berkomunikasi, tapi saat ini gadget bertransformasi menjadi penyedia layanan informasi dan hiburan. Banyak aplikasi dan game yang bisa di download.

Tapi akhir-akhir ini muncul pemberitaan yang jadi viral tentang sejumlah anak yang masuk ke RS jiwa karena kecanduan gadget. Penyakit yang timbul karena gadget membuat resah masyarakat khususnya para orang tua.

Beberapa waktu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah resmi memasukkan kecanduan game atau gaming disorder dalam klasifikasi gangguan mental. Kecanduan game sendiri masuk ke dalam daftar disorders due to addictive behavior, atau penyakit yang disebabkan oleh kecanduan.

Gaming disorder adalah pola perilaku bermain game yang terus menerus atau berulang di mana seseorang kehilangan kendali atas perilaku bermain mereka. Orang yang sudah kecanduan akan lebih memprioritaskan game daripada aktivitas atau kewajibannya meski ada konsekuensi negatif seperti gangguan pada tubuh, hubungan keluarga, kehidupan sosial, dan pekerjaan.

Adrian Wang, seorang psikiater di Gleneagles Medical Centre di Singapura, kecanduan digital sebenarnya sudah diklasifikasikan sebagai gangguan kejiwaan. Inilah yang menjadi alasan, lanjut dia, mengapa otoritas medis di seluruh dunia perlu secara resmi mengakui bahwa kecanduan perangkat digital dan internet masuk kategori gangguan kejiwaan.

 

( berbagai sumber )

 

 

Social Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Current track

Title

Artist

Background